Pekan Depan, Revitalisasi Tamkot Dikerja

  • Bagikan
Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir (menunjuk) memberi arahan saat meninjau proyek revitalisasi Taman Kota (Tamkot) beberapa waktu lalu.

Alat Berat Mulai Didistribusikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pasca mendapat restu lembaga adat, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mempercepat proses pengerjaan proyek revitalisasi taman kota (Tamkot). Bahkan proses tendernya telah dirampungkan. Saat ini, rekanan pemenang tender tengah mempersiapkan pengerjaan di lapangan. Rencananya, pengerjaan konstruksi sudah bisa dimulai pekan depan.

Kabid Penataan Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Kendari, Seko mengatakan tender proyek revitalisasi Tamkot tahap II telah selesai. Berdasarkan hasil lelang, pengerjaannya menelan anggaran Rp 14 miliar.

"Peralatan dan material mulai didistribusi di lokasi proyek. Kalau tidak ada kendala, pekan depan sudah bisa dimulai. Pengerjaannya harus dipercepat lantaran masa kontraknya hanya hingga Desember 2022," kata Seko kepada Kendari Pos, Jumat (15/7).

Diakuinya, proses persiapan mengalami sedikit kendala. Hal ini disebabkan cuaca yang kurang mendukung. Namun sejauh ini, semuanya bisa diatasi. Pada tahap II ini pengerjaannya meliputi pembangunan monumen kalosara, pagar, gerbang, landscape taman dan finishing struktur jogging track.

"Mudah-mudahan target yang diberikan kami itu, bisa diselesaikan dan cuaca cepat kembali Kondusif. Sehingga dalam pengerjaannya kami tidak terkendala apapun dan pengerjaannya cepat selesai sesuai kontrak," harap Seko.

Terpisah, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir berharap keberadaan tamkot bisa menjadi simbol masyarakat Kendari. Selain tempat bersantai dan olahraga, ada monumen kalosara. Dengan begitu, generasi muda bisa lebih mengenal budaya.

"Pengerjaan Tamkot akan berlangsung sampai Desember. Kita berharap bisa rampung sehingga bisa segera difungsikan," ujarnya. (b/m1)

Revitalisasi Tamkot
Tahap I (Tuntas)
Anggaran Rp 11 Miliar
Item Pengerjaan
-Struktur Jogging Track (Dua Lantai)
-Sarana Penunjang Taman
-Toilet (WC)

Tahap II (Lelang)
Anggaran Rp 14 Miliar
Item Pengerjaan
-Momumen Kalosara
-Pagar
-Gerbang
-Landscape Taman
-Finishing Jogging Track

  • Bagikan