Kepemilikan KIA Lampaui Target Nasional

  • Bagikan
ISWANTO DONGGE

109 Ribu Anak Telah Miliki KIA

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Warga metro mulai menyadari pentingnya Kartu Identitas Anak (KIA). Hingga Juli 2022, capaian kepemilikan KIA telah mencapai 97 persen. Dari 111.508 anak yang menjadi sasaran, sebanyak 109.284 diantaranya telah mengantongi kartu indetitas.

Kepala Disdukcapil Kota Kendari, Iswanto Dongge mengatakan pencetakan KIA di Kota Lulo telah melebihi target nasional. Pencapaian ini tak lepas dari kerja keras semua pihak terkhusus petugas lapangan yang rutin melaksanakan jemput bola (perekaman langsung) baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

"Petugas rutin melakukn jemput bola ke sekolah-sekolah. Sejauh ini, sebanyak 109.284 keping KIA yang telah dicetak. Tahun ini, kami menargetkan semua anak telah memiliki KIA," ujar Iswanto Dongge kepada Kendari Pos saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (12/7).

Program KIA kata diam menunjukkan negara hadir memuliakan dan mendorong kemandirian anak. Selain itu, memberikan perlakuan non diskriminatif karena anak memiliki kartu identitas sendiri sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

"Kartu identitas ini sangat banyak manfaatnya. Jika sudah terdata, secara otomatis identitas anak terkoneksi dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) khusus bagi pelajar," ujarnya

Di sisi lain, keberadaan KIA juga untuk meminimalisir potensi kesalahan penulisan ijazah peserta didik. Pasalnya, untuk penulisannya sekolah bisa berpatokan pada KIA. Tidak hanya itu, kepemilikan KIA dapat membantu anak jika ingin memiliki tabungan di perbankan, kepesertaan BPJS dan untuk keperluan klaim asuransi bagi keluarga yang memiliki jaminan sosial dengan pihak ketiga.

"Intinya kepemilikan KIA ini sangat penting bagi anak-anak. Olehnya itu kami terus berupaya agar anak-anak di Kendari ini harus memiliki KIA," pungkasnya. (b/m1)

Kartu Identitas Anak
Wajib KIA 111.508 Anak
Progres 109.284 Anak (97 Persen)
Belum Terdata 2.224 Anak

Manfaat
Kepesertaan BPJS
Keperluan Asuransi
Menabung di Bank
Masuk Sekolah (Terdaftar di Dapodik)
Antipasi Kesalahan Penulisan Ijazah
Rujukan Program Bantuan, Beasiswa dan Lainnya

  • Bagikan