Migrasi Siaran TV, STB Gratis Disalurkan

  • Bagikan
MIGRASI SIARAN TV DIGITAL

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Proses peralihan siaran televisi (TV) dari analog ke digital, sedang dilakukan. Untuk itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) terus melakukan sosialisasi. Terbaru, Wakil Bupati Konsel, Rasyid, didampingi Kadis Kominfo, Hidayatullah, menggelar sosialisasi via zoom, Kamis (23/6). Rasyid mengatakan, Pemkab Konsel mendukung program Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) untuk mengganti siaran TV dari analog ke digital. Salah satunya dengan memberikan set top box (STB) gratis bagi 12.900 masyarakat kurang mampu.

"Saya sudah meminta kepada camat agar menyampaikan dan mengundang semua desa-desa penerima STB untuk rapat dalam rangka memastikan bahwa warga penerima tepat sasaran," katanya, kemarin. Penerima STB ini, kata Rasyid, harus memenuhi kriteria. Tercatat dalam DTKS Kementerian Sosial dan memiliki TV analog, itulah yang akan diberikan. "Tahun ini, bantuan STB diprioritaskan kepada 12.900 dari jumlah DTKS yang kurang lebih 20.000," sebutnya.

Kadis Kominfo Konsel, Hidayatullah, menjelaskan, secara teknis program tersebut berasal dari Pemerintah Pusat. Tujuannya agar setiap informasi cepat ditangkap dan diterima masyarakat. "Negara lain sudah pindah ke TV digital, kalau Indonesia masih TV siaran analog. Maka dari itu kementerian Kominfo menginisiasi berkerja sama dengan Kementerian Sosial untuk membantu warga tidak mampu," jelasnya. Mantan Kadis Pertanian Konsel tersebut berharap, untuk pendataannya dipastikan bersama-sama antara Kepala Desa dan Pendamping Sosial serta nantinya akan diverifikasi di kecamatan. "Untuk bantuannya disebar ke semua kecamatan di Konsel yang tercatat dalam DTKS Kementerian Sosial," terangnya. (c/ndi)

  • Bagikan