Gubernur Perjuangkan Pembangunan Jembatan Tona, Bandara Kolut dan Butur

  • Bagikan
Gubernur Sultra Ali Mazi (tengah) menerima kunjungan kerja spesifik Komisi V DPR RI yang dipimpin Wakil Ketua Komisi V, Ridwan Bae (dua dari kiri). Dalam kesempatan itu, Gubernur Sultra Ali Mazi meminta dukungan anggaran dari DPR untuk membangun infrastruktur di Sultra.

Jawaban Ridwan Bae itu tak membuat gubernur mundur. Gubernur Sultra Ali Mazi kukuh memperjuangkan pembangunan jembatan Tona. Gubernur Ali Mazi menegaskan harapannya agar pembangunan proyek jembatan Tona segera dibangun. “Mudah-mudahan tahun 2022 ini, paling tidak tahun 2023 sudah ada anggaran Rp4,5 triliun sesuai janji menteri dan ini saya sudah sampaikan ke masyarakat. Ini janji saya kepada masyarakat Sultra,” tegas Gubernur Ali Mazi.

Bahkan Gubernur Ali Mazi memaparkan pula terkait pemanfaatan Aspal Buton (Asbuton) yang siap dipasarkan, pengembangan pelabuhan Nambo dan pengusulan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Aspal Buton. "Pelabuhan ini dan KEK Asbuton sangat strategis untuk mendorong peningkatan investasi di sektor pertambangan aspal dan penciptaan lapangan pekerjaan," tutur Gubernur Ali Mazi.

Gubernur Sultra dua periode itu menyampaikan beberapa infrastruktur baru telah terbangun antara lain Jembatan Teluk Kendari, Bendungan Ladongi, Pelabuhan Kaledupa-Tomia-Binongko. “Saya selaku pemerintah juga mewakili masyarakat Sulawesi Tenggara mengucapkan banyak terimah kasih atas perhatian Komisi V DPR RI karena tanpa ada dukungan, bantuan dan perhatiannya, apapun yang kita buat, apapun kita rencanakan tentu tidak menjadi apa-apa,” kata Gubernur Ali Mazi.

Kunjungan kerja spesifik DPR RI itu juga membahas pelabuhan penyeberangan Amolengo (Konsel) yang memiliki peran sangat vital dan strategis dalam menghubungkan wilayah daratan dan kepulauan di Sultra. Kunjungan kerja spesifik DPR RI dihadiri Bupati Kolaka Utara Nur Rahman Umar, Pj.Bupati Buton Tengah Muh. Yusup, Bupati Konawe Selatan Surunuddin Dangga, Wakil Bupati Muna Bachrun Labuta, Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse.

Pejabat Pemprov Sultra turut hadir yakni Kepala Dinas Perhubungan Sultra Muh.Rajulan, Kepala Dinas SDA dan Bina Marga Burhanuddin, Kepala Dinas PUPR Sultra La Ode Muhammad Nurjaya, Asisten I Ilyas Abibu, dan Asisten II Suharno. (kam/c)

  • Bagikan