Ratusan ASN Pemkot Ikut Pelatihan Jurnalistik Kendari Pos, Wali Kota: Penting untuk Meningkatkan Kualitas Literasi

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari bekerja sama Kendari Pos menyelenggarakan pelatihan jurnalistik. Pelatihan berlangsung di Hotel Kubah 9, Rabu (15/6/2022). Pelatihan diikuti ratusan aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemkot Kendari. Ada ASN dari organisasi perangkat daerah (OPD), Kecamatan, hingga Kelurahan.

Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir (paling tengah) sempatkan foto bersama peserta pelatihan jurnalistik, Rabu (15/06/2022). (FOTO : AGUS SETIAWAN / KENDARI POS)

Pelatihan jurnalistik dibuka langsung Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir. Saat pembukaan, sejumlah Kepala OPD lingkup Pemkot Kendari hadir. Sulkarnain Kadir mengatakan, pelatihan jurnalistik bagi ASN sangat penting, dalam rangka meningkatkan literasi.

Lanjut dia, peran jurnalisme saat ini tidak hanya didominasi atau dikuasai wartawan atau pemilik media, akan tetapi sudah milik semua orang. Masyarakat termasuk ASN bisa berfungsi sebagai pemberi informasi.

Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir

"Oleh karena itu, penting untuk diberikan pengetahuan. Minimal pengetahuan dasar tentang mengelola informasi untuk disajikan kepada masyarakat. Kita berharap, pelatihan jurnalistik ini, bisa meningkatkan kualitas literasi kita," kata Sulkarnain Kadir.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Kendari Pos, Irwan Zainuddin mengatakan, pelatihan jurnalistik sangat penting dalam rangka meningkatkan kemampuan jurnalistik ASN.

Direktur Kendari Pos, Irwan Zainuddin

"Dengan pelatihan ini, kita bisa belajar dan mengerti pentingnya sebuah jurnalisme. Bagaimana membuat pres rilis. Sehingga, bisa disebarluaskan dan menjadi informasi menarik untuk media dan masyarakat," ungkapnya.

Irwan Zainuddin berharap, seluruh peserta serius dan mengikuti seluruh rangkaian pelatihan. Sehingga, bisa mencapai tujuan utama kegiatan, yakni meningkatkan literasi ASN dan menambah pemahaman tentang jurnalistik.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (ketiga dari kiri) didampingi Direktur Kendari Pos, Irwan Zainuddin (ketiga dari kanan) bersama jajaran sempatkan foto bersama sebelum pelatihan jurnalistik di Hotel Kubah 9, Rabu (15/06/2022).

Sekadar informasi, pelatihan jurnalistik digelar fullday. Bertindak sebagai pemateri adalah wartawan senior yang juga mantan Pemred Harian Fajar Suwardi Tahir, Ketua Jurusan Jurnalistik Fisip UHO Dr. Sumadi Dilla, dan tim Kendari Pos (ags)

  • Bagikan