Gubernur Sultra Belum Mau Lantik Pj Bupati Mubar dan Busel. Ini Alasannya

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Rekomendasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait Pj Bupati tiga daerah sudah terbit. Hasilnya: Muh Yusup sebagai Pj Bupati Buton Tengah (Tengah), Bahri sebagai Pj Bupati Muna Barat (Mubar), dan Laode Budiman sebagai Pj Bupati Buton Selatan (Busel).

Adanya rekomendasi itu, ternyata masih menyisakan polemik. Sebabnya, dua dari tiga nama yang diputuskan Kemendagri tidak sesuai usulan Gubernur Sultra, Ali Mazi. Dua nama dimaksud adalah Pj Bupati Mubar dan Pj Bupati Busel.

Imbasnya, gubernur belum mau untuk melantik dua nama yang tidak sesuai harapan tersebut. Padahal, rencananya, mereka akan dilantik 23 Mei mendatang. Namun, karena persoalan itu, sehingga pelantikan Pj Bupati Mubar dan Pj Bupati Busel belum jelas.

Gubernur Sultra, Ali Mazi

Informasi belum adanya rencana pelantikan Pj Bupati Mubar dan Busel oleh Gubernur Sultra pada Senin, 23 Mei 2022 disampaikan Pj Sekda Provinsi Sultra, Asrun Lio. "Yang akan dilantik Senin, 23 Mei hanya Pj Bupati Buteng, dan Wali Kota Baubau definitif," ungkap Asrun Lio, Sabtu malam, 21 Mei 2022.

Lalu bagaimana dengan penjabat bupati Busel dan Mubar yang juga sudah diserahkan SK-nya kepada Pemprov Sultra? Soal itu, Asrun Lio mengatakan, Gubernur Sultra masih akan menelaah lebih jauh surat keputusannya. Alasannya, konsideran keputusan tidak memperhatikan usulan gubernur.

"Pak gubernur akan menelaah dulu SK-nya. Sebab, konsiderannya tidak memperhatikan usulan gubernur. Berbeda dengan Buteng, SK-nya memperhatikan surat usul Gubernur Sultra," imbuh Kadis Dikbud Sultra tersebut. (lyn)

  • Bagikan