Lurah Tobuuha Dukung Penggunaan Bin Container

  • Bagikan
Peserta sosialisasi penanganan sampah di Kantor Kelurahan Tobuuha, kemarin

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari terus berupaya mengatasi permasalahan sampah. Fasilitas Tempat Pembuangan Sampah (TPS) sementara akan diubah menjadi bin container. Langkah itu mendapat dukungan dari Pemerintah Kelurahan Tobuuha, Kecamatan Mandonga.

Sekretaris Kota Kendari, Hj. Nahwa Umar mengatakan, perubahan fisik TPS merupakan salah satu upaya mengatasi masalah sampah di Kendari. Pasalnya, kesadaran masyarakat terhadap jadwal (waktu) membuang sampah masih rendah.

"Masih ada masyarakat yang tidak disiplin dalam membuang sampah. Akibatnya sampah tidak terangkut dan menjadi masalah. Karena itu, kami putuskan akan menghilangkan TPS secara bertahap dan menggantinya dengan bin container," kata Nahwa Umar usai mengedukasi warga terkait pengelolaan sampah di Kelurahan Tobuuha, kemarin.

Lanjut dia, nantinya bin container bakal diletakkan di setiap lorong atau di depan rumah warga khususnya yang bermukim di jalan protokol. "Masyarakat tidak perlu jauh-jauh mencari TPS, tinggal buang di bin container, kemudian diangkut oleh petugas," kata Nahwa Umar.

Kesempatan yang sama, Lurah Tobuuha Arianto mengaku siap menyukseskan program penanganan sampah oleh Pemkot. Menurutnya, peniadaan TPS merupakan salah satu cara yang bisa mengatasi persoalan sampah.

Pihaknya sudah membentuk kelompok peduli lingkungan yang nantinya bertugas membantu petugas kebersihan dalam mengangkut sampah masyarakat dari bin container.

"Lingkungan bersih dan indah tentu menjadi dambaan kita semua. Mudah-mudahan kerja keras kita semua bisa menyukseskan visi misi Wali Kota Kendari Sulkarnain yakni menjadikan Kendari sebagai kota layak huni berbasis ekologi (lingkungan), informasi, dan teknologi," pungkasnya. (ags/b)

  • Bagikan