Hari Buku Sedunia 2024, Ruksamin: Gemar Membaca Buku Menstimulus Ide dan Kreativitas

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID—Bupati Konawe Utara H. Ruksamin mengajak kepada masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra) khususnya Konawe Utara meningkatkan budaya literasi dengan gemar membaca buku.

“Dengan membaca buku, maka kita akan mengenal dunia tanpa berpergian,” kata Ruksamin, Selasa (23/4/2024).

Menurutnya, membaca buku adalah media meningkatkan kualitas akal agar lebih inovatif, kreatif dan dapat mengkerdilkan kurangnya wawasan. Kekuatan pengaruh membaca buku juga dapat melemahkan kebodohan.

“Tema yang diangkat UNESCO dalam World Book Day tahun 2024 yaitu Read Your Way. Nah, momen hari buku sedunia ini adalah ajang pelecut semangat menggelorakan pentingnya membaca buku yang manfaatanya sangat besar bagi kehidupan,” ujarnya.

Bakal Calon Gubernur Sultra itu menerangkan, di era transformasi digital yang begitu maju saat ini, sarana atau wadah membaca buku sangat mudah diperoleh. Bukan saja buku dalam bentuk fisik, namun juga tersedia secara digital maupun audio visual.

“Sangat sulit menjadi insan yang cerdas jika jauh dari gemar membaca buku. Termasuk persiapan mewariskan generasi gemilang menyongsong Indonesia emas 2045, muda-mudi wajib mencintai buku selayaknya mencintai dirinya sendiri,” urai Ruksamin.

Presidium KAHMI Sultra itu menambahkan, menghadirkan masyarakat gemar membaca buku, butuh sinergi dan akselerasi semua pihak. Baik pemerintah, organisasi kepemudaan, tokoh masyarakat, budaya, pemuda, millenial, budayawan, aktivis, civitas kampus, sekolah, untuk berkongsi menciptakan lingkungan pendukung agar menjadi magnet bagi masyarakat untuk hobi membaca buku.

“Situasi lingkungan yang didominasi oleh aktivitas gemar membaca buku akan melahirkan masyarakat visioner, kaya ide, dan pasti kreatif. Dalam situasi demikian, terciptanya masyarakat yang sejahtera dan daerah yang maju akan mudah tercapai,”tandas Ruksamin. (ali).

  • Bagikan