Haliana Turun Bersihkan Pemukiman Baru Suku Samma

  • Bagikan
Bupati Wakatobi Haliana membersihkan lahan untuk pemukiman Suku Samma di Kecamatan Wangi-Wangi Selatan.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Bupati Wakatobi, H. Haliana tak tinggal diam saat masyarakatnya melakukan kerja bakti. Ia bersama warganya melakukan bersihbersih untuk persiapan pemukiman baru warga Suku Samma di Desa Wisata Kollo, Kecamatan Wangi-Wangi Selatan.

Haliana menjelaskan pihaknya bakal melakukan penambahan luas lahan. Sehingga diperkirakan mencapai dua hektar dengan lahan yang telah ada sebelumnya. “Sehingga jika kita sudah bisa adakan tahun ini, totalnya sudah bisa dua hektar,” ujar H Haliana akhir pekan lalu.

Ia menambahkan, pihaknya akan tetap intens melakukan komunikasi dengan Pemerintah Provinsi Sultra serta Kementerian/ Lembaga terkait. Sehingga pembangunan pemukiman baru ini, tidak hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Wakatobi.

Sementara itu, di lokasi yang sama, Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Wakatobi, Luki Kusuma mengatakan perencanaan awal sesuai dengan daya tampung lahan memuat 103 unit rumah. Pada tahap awal pihaknya merencanakan sebanyak 50 unit rumah dengan alokasi anggaran berkisar Rp 1 miliar.

“Hanya saja setelah kita lihat perkembangan selanjutnya, mungkin kita akan sesuaikan dengan kebutuhan anggarannya kita. Bisa jadi akan kurang atau ada penambahan dari pergeseran anggaran,” beberanya. (thy/c)

  • Bagikan