Lima Kursi Demokrat Jadi Incaran Kandidat

  • Bagikan
INCARAN KANDIDAT : Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Kolaka, Djabir Teto Lahukuwi (ketiga dari kiri) saat menerima berkas pendaftaran dari salah satu tim bakal calon bupati Kolaka, kemarin. (ZULFADLY NUR/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Partai Demokrat berhasil meraih lima kursi di DPRD Kabupaten Kolaka pada Pemilu tahun 2024 ini. Capaian tersebut menjadikan Demokrat sebagai incaran para kandidat yang hendak maju pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Bumi Mekongga. Sejumlah kontestan itu berusaha mendapatkan dukungan dari partai pimpinan Agus Harimurti Yudhoyono tersebut.

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Kolaka, Djabir Teto Lahukuwi, mengungkapkan, hingga saat ini ada enam kandidat, baik itu bakal calon (Balon) bupati maupun wakil bupati Kolaka yang meminta dukungan mesin politiknya di Pilkada nanti.

"Lima Balon bupati itu adalah Sjamsul Kadar, Amri Jamaluddin, Muhammad Jayadin, Sainal Amrin dan Nita. Sedangkan yang mendaftar sebagai Balon wakil bupati adalah Husmaluddin," sebutnya, Kamis (18/4).

Djabir mengatakan, dari enam kandidat tersebut hingga saat ini baru tiga orang yang mengembalikan berkas pendaftaran, yaitu Sjamsul Kadar, Amri Jamaluddin dan Husmaluddin. "Berkas kandidat lainnya kami masih tunggu sampai malam ini pukul 00.00," ujarnya, kemarin.

Kata Djabir, setelah pendaftaran ditutup, maka tahapan selanjutnya adalah survei bakal calon. "Survei bakal calon akan dilakukan oleh lembaga yang kredibel pada bulan April hingga Mei 2024. Adapun rekomendasi dukungan itu dari DPP. Tapi masukan untuk calon yang akan mendapatkan rekomendasi dari Partai Demokrat pada Pilkada itu nanti tetap di pertimbangan, utamanya dari DPC dan DPD," jelasnya. (b/fad)

  • Bagikan