Kebersamaan dalam Balutan Kompetisi

  • Bagikan
Wa Ode Munanah Asrun Lio, Pj Ketua TP PKK Provinsi Sultra
Wa Ode Munanah Asrun Lio, Pj Ketua TP PKK Provinsi Sultra

--Jambore PKK Tingkat Provinsi Momentum Pelestarian Budaya Sultra

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - PKK Provinsi Sultra menunjuk PKK Kabupaten Konawe menjadi tuan rumah Jambore PKK tahun 2024. Kegiatan itu bukan sekadar seremoni semata namun sarat nilai kebersamaan, persatuan dan kesatuan yang dikemas dalam balutan kompetisi. Dalam Jambore PKK tingkat Provinsi Sultra tahun 2024 digelar berbagai lomba, mulai 18 hingga 20 April 2024.

"Jambore PKK ini bukan sekadar acara seremonial rutin, tetapi menjadi perayaan kebersamaan yang diwarnai dengan beragam kompetisi dan kegiatan budaya. Serangkaian lomba antar-TP PKK se-Sultra dilaksanakan, termasuk kompetisi busana adat khas daerah Sultra yang menjadi bagian tak terpisahkan dari identitas dan kebanggaan daerah,” ujar Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sultra, Wa Ode Munanah Asrun Lio kepada Kendari Pos, Kamis (18/4/2024).

“Jambore ini juga bukan hanya sekedar ajang kompetisi, tetapi juga sebagai upaya untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan di antara anggota TP PKK se-Provinsi Sultra serta momentum pelestarian budaya daerah Sultra,” sambung Wa Ode Munanah Asrun Lio.

Ia menyebut, lomba-lomba yang diadakan yakni lomba cerdas cermat, paduan suara, senam kreasi 6 langkah cuci tangan, memasak menu pangan lokal, jingle galeri pelangi, dan parade nusantara. “Melalui kompetisi ini, diharapkan anggota PKK dapat menampilkan potensi dan kreativitas mereka sambil memperkuat hubungan di dalam jaringan PKK,” tuturnya.

Wa Ode Munanah Asrun Lio menjelaskan selain kompetisi, jambore PKK ini menjadi forum saling bertukar pengalaman sesama kader PKK dan meningkatkan pemahaman akan keanekaragaman budaya dan masakan tradisional di Sultra. “17 kabupaten/kota di Sultra memiliki beragam budaya dan makan khas masing-masing. Dengan demikian, jambore PKK bukan hanya tentang persaingan, tetapi juga tentang kolaborasi dan penghargaan akan warisan budaya,” jelasnya.

Istri Sekda Sultra Asrun Lio itu menegaskan, lokasi pelaksanaan jambore PKK setiap tahunnya berbeda-beda. Setiap PKK kabupaten/kota di Sultra mendapat giliran menjadi tuan rumah.

“Tahun ini, tuan rumah jambore PKK adalah Kabupaten Konawe. Asas pemerataan menjadi salah satu tujuan utama dalam penyelenggaraan jambore PKK secara bergilir di setiap kabupaten/kota. Dengan demikian, setiap daerah memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi pusat perhatian dan kegiatan PKK,” imbuh Wa Ode Munanah Asrun Lio.

Menurutnya, jambore PKK tingkat Provinsi Sultra ini menjadi persiapan menghadapi lomba PKK tingkat nasional. “Hasil evaluasi dari jambore ini akan menjadi bekal berharga bagi perwakilan Sultra dalam menghadapi kompetisi di tingkat nasional,” pungkas Wa Ode Munanah Asrun Lio. (rah/b)

  • Bagikan