Pemkab Wakatobi Gelar Forum Perangkat Daerah

  • Bagikan
Suasana forum perangkat daerah dalam rangka penyusunan rKPD Wakatobi tahun 2025.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Wakatobi tahun 2025, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi melalui Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah menggelar Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah Renja tahun 2025 di Gedung Dharma Wanita belum lama ini.

Sekretaris Daerah (Sekda) Wakatobi, Nadar menjelaskan forum perangkat daerah merupakan salah satu tahapan dalam penyusunan dokumen perencanaan tahunan daerah. Ini dibahas dan ditetapkan secara bersama antara perangkat daerah dan stakeholder lainnya yang ada di daerah. 

Hasil pelaksanaan forum ini, kata dia akan menjadi bahan masukan yang sangat berharga dalam penyempurnaan RKPD maupun terhadap rancangan RKPD Wakatobi tahun 2025. “Maka forum perangkat daerah/lintas perangkat daerah mempunyai makna yang sangat penting terhadap efektivitas dan efisiensi penyusunan dokumen perencanaan tahunan daerah secara keseluruhan,” ujar Nadar.

Di sisi lain lanjut Nadar, tuntutan kebutuhan dan permintaan masyarakat yang mengemuka dalam setiap tahapan perencanaan daerah setiap tahunnya belum terakomodir. Hal ini terkait adanya keharusan yang merupakan skala prioritas prinsip pemenuhan kebutuhan yang mendesak. 

“Guna menjamin kelancaran pelayanan kepada masyarakat. Dilain pihak kondisi kemampuan keuangan daerah yang tidak seimbang dengan tuntutan kebutuhan yang dimaksud,” tambahnya.

Upaya meningkatkan sumber pendapatan daerah dan efisiensi penggunaan anggaran diharapkan dapat mengatasi permasalahan tersebut secara bertahap di masa yang akan datang. (thy/c)

  • Bagikan