39 Jemaah Belum Lunasi Biaya Haji

  • Bagikan
Muhammad Lalan Jaya
Muhammad Lalan Jaya

Deadline Pembayaran Sampai 26 Maret

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -Tahun ini, Kota Kendari kebagian 510 kouta haji. Namun dari jumlah itu, baru sekitar 471 calon jemaah haji (CJH) yang melunasi biaya haji. Artinya, sebanyak 39 jemaah belum melunasi biaya haji. Sementara hari pemberangkatan tersisa tiga bulan lagi.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari, Muhammad Lalan Jaya meminta calon jemaah haji 1445 Hijriah segera melakukan pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih).

"Pelunasan tahap pertama kami buka sejak tanggal 10 Januari sampai 23 Februari 2024. Tahap kedua akan kita buka lagi mulai tanggal 13 sampai 26 Maret 2024. Kami harap jamaah untuk segera melunasi biaya hajinya," ungkap Muhammad Lalan Jaya, kemarin.

Ia menambahkan, jika sampai tanggal 26 Maret 2024 belum dilunasi, maka kursi haji akan diberikan kepada jemaah cadangan yang telah melaksanakan pelunasan.

Lalan Jaya mengungkapkan, untuk jemaah haji cadangan Kota Kendari tahun ini tercatat sebanyak 140 jemaah dan sebanyak 72 jemaah diantaranya telah melunasi Bipih. "Pemerintah sudah menyiapkan jemaah cadang jika dalam kuota ini ada jemaah yang belum melunasi biaya haji Karena terkendala ekonomi itu bisa diganti," ungkapnya.

Selain fokus pada penyelesaian Bipih, pihaknya meminta jemaah yang sudah melunasi biaya haji untuk segera melaksanakan pemeriksaan kesehatan di Dinas Kesehatan dan seluruh Puskesmas yang ada di Kota Kendari.

"Pemeriksaan kesehatan itu penting, agar jemaah nantinya bersiap untuk melaksanakan seluruh rukun haji di tanah suci. Dokumen administrasi juga kita minta jemaah untuk melengkapi seperti paspor dan pemeriksaan biometrik," pungkasnya.

Sekedar informasi, besaran biaya perjalanan ibadah haji untuk jemaah asala Kota Kendari berdasarkan ketentuan dari Kementerian Agama yakni sebesar Rp 60,24 juta per jamaah. (b/ags)

HAJI TAHUN 2024

-Kendari Kebagian 510 Kouta
-Haji Rp 60,24 Juta
-471 CJH Sudah Melakukan Pelunasan
-39 CJH Belum Melunasi
-Batas Waktu Pelunasan 26 Maret
-Jika Lunas, Segera Periksa Kesehatan
-Bisa Rumah Sakit, Puskesmas dan Faskes Lainnya
-Lengkapi Dokumen Administrasi (Paspor dan Pemeriksaan Biometrik)

JEMAAH CADANGAN

-Sebanyak 140 Jemaah
-72 Jemmah Cadangan Sudah Melakukan Pelunasan
-Jika CJH Tak Lunasi, Diganti Jemaah Cadangan

  • Bagikan