PT Konutara Sejati Berdayakan Masyarakat Lingkar Tambang

  • Bagikan
Manajemen PT Konutara Sejati bersama peserta PPM sempatkan foto bersama usai pelatihan.
Manajemen PT Konutara Sejati bersama peserta PPM sempatkan foto bersama usai pelatihan.

--Lewat Pelatihan Ekologi Tanah

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - PT Konutara Sejati sangat peduli dengan masyarakat yang ada di wilayah lingkar tambang di Kecamatan Langgikima, Kabupaten Konawe Utara. Hal itu diwujudkan lewat komitmen menjalankan kaidah pertambangan yang baik dengan berfokus ke Environmental, Social, and Governance (ESG) melalui Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM).

Salah satu Program Pemberdayaan Masyarakat yang dijalan PT Ajo utara Sejati yakni Pelatihan Ekologi Tanah kepada masyarakat lingkar tambang. Melalui kewajiban sosial diharapkan dapat mewujudkan pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan yang bermanfaat bagi perseroan, komunitas setempat, dan masyarakat pada umumnya serta menciptakan hubungan perseroan yang serasi, seimbang, dan sesuai dengan lingkungan, nilai, norma, dan budaya masyarakat.

Pada pelaksanaan program kali ini, PT. Konutara Sejati berfokus pada sektor pertanian, sebagai langkah awal untuk terciptanya kelompok petani yang berdaya dan bermutu tinggi.

Dengan adanya pelatihan berbasis riset diharapkan menjadi bentuk kolaborasi aktif antara PT. Konutara Sejati dan masyarakat Mekar Jaya, dalam memperkokoh ketahanan pangan masyarakat lingkar tambang.

Tujuan Perusahaan ingin membantu masyarakat agar mandiri secara ekonomi dengan memanfaatkan potensi beli desa yakni dengan bertani.

Terbentuknya hubungan baik perusahaan dengan stakeholder baik masyarakat maupun pemerintah baik pusat maupun daerah (Kabupaten, Kecamatan, dan Desa) dalam visi pemberdayaan ekonomi masyarakat lingkar tambang.

Selain itu, program PPM ini diyakini bisa menyokong program ketahanan pangan masyarakat nasional lewat program-program daerah. Selanjutnya memberikan pengetahuan kepada masyarakat dibidang pertanian dengan metode yang berbasis riset untuk meningkatkan produktifitas pertanian masyarakat lingkar tambang.

Managemen PT.Konutara Sejati, Mr. Li Chao atau yang akrab disapa Mr Li berkomitmen untuk mendorong pemberdayaan Masyarakat Desa lingkar tambang. Program ini merupakan salah satu bentuk usaha PT. Konutara Sejati dalam meningkatkan kemampuan masyarakat di sekitar tambang agar tingkat kehidupannya lebih baik. “Program ini akan dilakukan secara berkelanjutan sesuai dengan Dokumen RIPPM PT.Konutara Sejati (2022-2026),” ungkapnya.

Sementara itu, Humas PT. Konutara Sejati Revina Nurani Putri mengatakan, pihaknya menjalankan program PPM sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memandirikan ekonomi lingkar tambang dan mengoptimalkan kontribusi sektor pertanian dalam pembangunan nasional. “Kami dengan penuh tekad membuat program ini,” tuturnya.

Ia menambahkan, PPM ini adalah bentuk taggung jawab social PT. Konutara Sejati kepada masyarakat yang dirancang dengan tujuan utama untuk meningkatkan produktivitas, kesejahteraan petani, dan ketahanan pangan nasional.

“Melalui Program Pengembangan dan Pemberdayaan Sektor Pertanian ini, kami berharap dapat menciptakan lingkungan yang mendukung, inklusif, dan berkelanjutan bagi para petani, serta memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional dan ketahanan pangan yang berkelanjutan,” kata Revina. (ags)

  • Bagikan