3.125 Rumah Tangga Dibantu Pasang Listrik

  • Bagikan
Jawa Pos
Jawa Pos

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sulawesi Tenggara (Sultra) mencatat 3.125 rumah tangga di Bumi Anoa menerima bantuan pasang baru listrik. Rinciannya, Bombana 22 rumah tangga, Buton Selatan 37, Buton Tengah 235, Kolaka 223, Kolaka Timur 258, Kolaka Utara 442, Konawe 587, Konawe Selatan 205, Muna 890, Wakatobi 131 dan Kota Kendari 95.

Kepala Dinas ESDM Sultra Andi Azis, bantuan itu berasal dari pemerintah pusat melalui Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementeriam ESDM dengan merealisasikan pasang baru listrik bagi rumah tangga tidak mampu sepanjang September-Desember 2023. Ia berharap listrik sebagai infrastruktur dasar dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat Sultra. Meskipun bantuan tersebut sudah signifikan, ia menyebut masih terdapat 51 ribu warga belum menjadi pelanggan PLN dan memperoleh penerangan dengan memanfaatkan tenaga surya yang berasal dari Kementerian ESDM di 7 titik lokasi. Yakni, Bombana mencakup 3 lokasi, Muna 1 lokasi, Muna Barat 1 lokasi, dan Konawe Selatan 2 lokasi.

“Sumber listrik energi baru terbarukan melalui pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang dihadirkan ini menyasar ratusan keluarga di masing-masing kabupaten. Kita harapkan melalui bantuan ini dapat memperluas cakupan akses listrik kebutuhan rumah tangga untuk sekadar penerangan,”ucapnya.

Andi Azis berharap ke depan, dengan peningkatan kapasitas pengembangan energi terbarukan, PLN bisa lebih masif masuk ke daerah pelosok. Apalagi listrik dari energi terbarukan hanya mampu menerangi, bukan untuk peningkatan kesejahteraan sebab daya listriknya masih terbatas. Misalnya membangun usaha dengan memanfaatkan listrik, daya energi terbarukan belum mampu.

“Karena itu, penting menghadirkan PLN hingga pelosok Sultra. Ini penting mengingat listrik bukan hanya untuk penerangan, tapi juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, seperti penggunaan televisi dan kulkas,”pungkasnya. (rah/c)

  • Bagikan