Polda Sultra Buka Assessment Center Seleksi JPTP Pemkab Buteng dan Mubar

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) bertindak sebagai tuan rumah dalam seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) dan Muna Barat (Mubar), Selasa (14/11/2023). Kegiatan dibuka secara resmi oleh Karo SDM Polda Sultra, Kombes Pol Danang Beny K., S.I.K., M.H.

Tampak hadir dalam acara ini Kabagkompeten SSDM Polri, Kombes Pol Eka Satria Bakti, serta assessor dari Mabes Polri dan Polda Sultra. Pj Bupati Muna Barat dan Pj Bupati Buton Tengah juga turut hadir sebagai bentuk dukungan terhadap seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama.

Menurut Kombes Pol Danang Beny K., S.I.K., M.H., Assessment Center merupakan metode penilaian standar yang bertujuan untuk menilai dan mengukur potensi calon pejabat serta memprediksi keberhasilan mereka dalam mengemban suatu jabatan. Metode ini melibatkan simulasi dan alat ukur berdasarkan kompetensi jabatan yang dilakukan oleh para asesor.

"Melalui pelaksanaan Assessment Center ini, diharapkan dapat menghasilkan pejabat tinggi pratama yang mampu melaksanakan tugas di satuan kerja dengan lebih baik, bertanggung jawab, optimal, dan profesional," ungkapnya.

Assessment Center Polri sendiri membawa konsep penilaian yang terfokus pada kemampuan manajerial dan keberhasilan dalam menangani serta memberikan solusi pemecahan masalah. Tujuan akhirnya adalah memenuhi harapan Pemerintah Kabupaten Buton Tengah dan Muna Barat untuk memiliki pejabat yang kompeten dan berintegritas tinggi.

Dalam sambutannya, Kombes Pol Danang Beny menyampaikan terima kasih kepada Bupati Buton Tengah dan Bupati Muna Barat beserta jajaran yang telah menggelar seleksi terbuka menggunakan fasilitas Assessment Center Polri di Polda Sultra. Ia yakin bahwa kegiatan ini akan berjalan independen dan menghasilkan pejabat yang memenuhi kriteria yang diharapkan.

Seiring berjalannya waktu, harapan masyarakat Buton Tengah dan Muna Barat kini tertuju pada hasil seleksi ini, yang diharapkan akan melahirkan pemimpin berkualitas dan mampu membawa kemajuan di tingkat pemerintahan Kabupaten. (KP)

  • Bagikan