Harmin Ramba Merawat Amanah Presiden

  • Bagikan
Harmin Ramba
Harmin Ramba

--Menciptakan Stabilitas PSN hingga Sederhanakan Prosedur Izin Investasi

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Penjabat (Pj) Bupati Konawe Harmin Ramba punya militansi besar dalam memajukan daerah. Ia memberikan gairah baru dalam menjalankan roda pemerintahan di Konawe. Agenda nasional yang diamanahkan kepadanya selaku Pj Bupati, menunjukkan progres menggembirakan. Harmin Ramba merawat amanah Presiden Jokowi agar menciptakan stabilitas Proyek Strategis Nasional (PSN) di Konawe.

"Bapak Presiden minta supaya stabilitas di Konawe harus dipertahankan. Apalagi kita tahu bersama, ada beberapa PSN di Konawe yang harus kita jaga supaya tetap aman,” ujar Pj Bupati Harmin Ramba, kepada Kendari Pos, Rabu (8/11/2023).

Pj Bupati Harmin Ramba mengatakan, Presiden Jokowi juga mengingatkan pentingnya membawa agenda reformasi birokrasi di daerah. Misalnya, dengan menyederhanakan prosedur dan tata kelola perizinan. Terutama, dalam hal pelayanan perizinan bagi calon-calon investor di daerah.

“Bapak Presiden juga ingatkan, menjelang pemilu supaya ASN harus netral. Jaga moderasi beragama. Kalau ada kendala di daerah, Presiden tekankan segera lapor ke pemerintah pusat agar cepat ditangani,” ungkap Kepala Badan Kesbangpol Sultra itu.

Pj Bupati Harmin menambahkan, hal lain yang ditekankan Presiden adalat terkait komitmen pemerintah daerah (pemda) untuk mengalokasikan dana stimulus ekonomi dan bantuan sosial (bansos) kepada warga di otorita masing- masing. Sebab tentunya, bantuan stimulus tersebut akan sangat membantu masyarakat.

“In Sya Allah saya siap menjalankan amanah dan arahan Presiden dengan sebaik mungkin. Tentunya, dengan dukungan semua stakeholder dan masyarakat di Konawe,” imbuh Pj Bupati Harmin.

Mantan Camat Abuki itu menggambarkan secara umum kondisi Konawe saat ini bahwa pertumbuhan ekonomi di Sultra ada Kabupaten Konawe. Angkanya 15,38 persen ditahun 2022. “Itu salah satunya karena sumbangsih PSN yang membuka banyak lapangan kerja bagi masyarakat,” tutup Pj Bupati Harmin.

Sebagai informasi, sejak dilantik 25 September 2023 lalu, Pj Bupati Harmin Ramba perlahan merapikan sejumlah permasalahan di Konawe. Mulai dari persoalan kedisiplinan aparatur sipil negara (ASN), tunggakan gaji pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), hingga persoalan aset daerah berupa kendaraan dinas (randis) yang disalahgunakan.

Program prioritas 100 hari, sudah disiapkan Harmin Ramba pasca dilantik sebagai Pj Bupati Konawe. Mulai dari penataan kota Unaaha, pemberdayaan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), serta pelestarian budaya di Konawe. Disamping isu lokal tersebut, Harmin Ramba juga punya agenda nasional yang masuk dalam 100 hari program kerjanya. Mulai dari penanganan inflasi, kemiskinan ekstrem, dan inflasi. Termasuk, komitmen dalam menciptakan stabilitas daerah menjelang pemilu tahun 2024. (adi/b)

  • Bagikan