Jalan Kabaena Mulus di Tangan Burhanuddin

  • Bagikan
Pj Bupati Bombana Burhanuddin meninjau proyek pengaspalan jalan di Sikeli yang menghubungkan Kecamatan Kabaena Barat dan Kabaena Utara, kemarin. (MASLINDAH ALI / KENDARI POS)
Pj Bupati Bombana Burhanuddin meninjau proyek pengaspalan jalan di Sikeli yang menghubungkan Kecamatan Kabaena Barat dan Kabaena Utara, kemarin. (MASLINDAH ALI / KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Penjabat (Pj) Bupati Bombana Burhanuddin kembali mewujudkan impian masyarakat Pulau Kabaena. Setelah membuat Kabaena “terang” selama 24 jam dengan pasokan jaringan listrik, Pj Bupati Burhanuddin “menghitamkan” akses jalan dengan aspal nan mulus. Perlahan tapi pasti, Pj Bupati Burhanuddin mewujudkan komitmennya untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur selama mengembang amanah yang dipercayakan di pundaknya.

Pj Bupati Burhanuddin mengatakan infrastuktur jalan merupakan urat nadi perekonomian. Selain itu infrastuktur jalan, salah satu kebutuhan yang mendasar bagi masyarakat dan daerah. Pj Bupati Burhanuddin terus berupaya menyelesaikan persoalan jalan di daerahnya dengan menggelontorkan anggaran baik dari APBD maupun APBN yang akan diselesaikan secara bertahap.

Pj Bupati Burhanuddin menegaskan, akhir tahun 2023 ini, sejumlah ruas jalan di Sikeli yang menghubungkan Kecamatan Kabaena Barat ke Kabaena Utara dimuluskan dengan aspal. Kendati belum secara keseluruhan, karena masih terdapat cukup banyak jalan dari Kecamatan Kabaena Utara menuju Kecamatan Kabaena Timur dan Kabaena Tengah yang juga masuk kategori rusak parah. "Untuk tahun ini, Pemkab Bombana menggelontorkan dana sekira Rp70 miliar di Pulau Kabaena," ujarnya saat meninjau secara langsung proyek pengaspalan jalan di Kabaena, kemarin.

Suami dari Hj.Fatmawati Kasim Marewa itu menuturkan, pengaspalan jalan di Kabaena tidak hanya mengandalkan anggaran daerah. Ia melakukan lobi-lobi di Kementerian guna membantu menangani jalan di Kabaena.

Untuk diketahui, total ruas jalan di pulau Kabaena sepanjang 150 kilometer dan hanya 20 persen yang tertangani. Dalam APBD tahun 2024 akan kembali dianggarkan untuk menangani ruas jalan lain di Pulau Kabaena.

"Untuk tahap pertama, anggaran sekira Rp35 miliar dari APBD murni Kabupaten Bombana dan ada anggaran Inpres yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat yang dikelola oleh balai sebanyak Rp27 miliar untuk pembangunan infrastruktur jalan di Pulau Kabaena," pungkas Pj Bupati Burhanuddin. (idh/b)

  • Bagikan