PT Antam Sigap Bantu Atasi Kebakaran

  • Bagikan
ATASI KEBAKARAN : Tim Fire and Rescue PT Antam Tbk UBPN Kolaka berpose bersama seusai melakukan simulasi tanggap darurat kebakaran di Puskesmas Pomalaa. (ZULFADLY NUR/KENDARI POS)
ATASI KEBAKARAN : Tim Fire and Rescue PT Antam Tbk UBPN Kolaka berpose bersama seusai melakukan simulasi tanggap darurat kebakaran di Puskesmas Pomalaa. (ZULFADLY NUR/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Di musim kemarau ini, PT Aneka Tambang (Antam) Tbk Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) Kolaka kembali memerlihatkan kepedulian pada wilayah sekitar operasionalnya. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu selalu sigap dalam melakukan pemadaman terhadap lahan maupun rumah warga yang terbakar.

Monitoring Fire and Rescue Team Leader PT Antam Tbk UBPN Kolaka, Agus Porade, mengungkapkan, pihaknya turut berpartisipasi dalam mengatasi kebakaran lahan dan rumah yang terjadi belakangan ini. Kata dia, kondisi musim kemarau saat ini dan suhu yang mencapai sekitar 36,7 derajat membuat lahan mudah terbakar.

“Berdasarkan laporan Tim Fire and Rescue PT Antam Tbk UBPN Kolaka, dalam beberapa bulan terakhir ini sudah beberapa kejadian kebakaran lahan dan juga rumah penduduk. Rinciannya, kebakaran lahan terjadi sebanyak 11 kali dan kebakaran rumah tiga peristiwa,” ungkapnya, Rabu (11/10).

Agus mengatakan, dalam pelaksanaan pemadaman tersebut pihaknya mendapat dukungan dari masyarakat, TNI, Polri dan pemerintah setempat. Untuk upaya pencegahan kebakaran lahan dan hutan pihak External PT ANTAM Tbk UBPN Kolaka juga telah memasang spanduk peringatan bahaya kebakaran hutan dan lahan yang dipasang pada beberapa titik.

Ia menambahkan, untuk memaksimalkan penanganan kebakaran, Tim Fire and Rescue juga telah mengadakan simulasi tanggap darurat kebakaran yang bertempat di Puskesmas Pomalaa dan mengajarkan penggunaan alat pemadam api ringan (APAR).

“Apabila masyarakat mendapatkan potensi kebakaran atau kebakaran masih kecil untuk segera melaporkan ke Tim Fire and Rescue Pemadam kebakaran dengan nomor 085256446001,” pesan Agus. (c/fad)

  • Bagikan