Kajati Apresiasi Kinerja Surunuddin

  • Bagikan
Kajati Sultra, Dr.Patris Yusrian Jaya (2 dari kanan) memberikan cendera mata kepada Bupati Konsel, Surunuddin (kiri) dalam kunjungan kerja di Kabupaten Konsel, Kamis (7/9), kemarin. (I NGURAH PANDI SANTOSA / KENDARI POS)
Kajati Sultra, Dr.Patris Yusrian Jaya (2 dari kanan) memberikan cendera mata kepada Bupati Konsel, Surunuddin (kiri) dalam kunjungan kerja di Kabupaten Konsel, Kamis (7/9), kemarin. (I NGURAH PANDI SANTOSA / KENDARI POS)

--Pembangunan di Konawe Selatan Berkembang

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Kepala Kejaksaan Tinggi Sultra, Dr.Patris Yusrian Jaya menjejak daerah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel). Kajati Dr.Patris Yusrian Jaya bersama rombongan melakukan kunjungan kerja ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Konsel dan Pemerintah Kabupaten Konsel.

Kedatangan orang nomor 1 di lembaga Adhyaksa Sultra itu diterima Bupati Konsel, Surunuddin Dangga, dan Kepala Kejari Konsel, Herlina Rauf di auditorium Kantor Bupati, Kamis (7/9), kemarin.

"Kunjungan kerja ini adalah agenda rutin untuk melihat kinerja Kejari Konsel, dan menguatkan sinergisitas dengan Pemkab Konsel. Kita melihat sinergisitas antarinstansi di Konsel berjalan sangat baik," ujar Kajati Dr.Patris.

Mantan Wakajati DKI Jakarta itu mengapresiasi kualitas pembangunan di daerah yang dipimpin Bupati Surunuddin Dangga tersebut. Kajati Dr.Patris menegaskan Kejari Konsel merupakan bagian dari pembangunan pemerintahan daerah. "Kita lihat saja dari kantornya yang luar biasa. Ini mencerminkan kesungguhan pemerintah daerah melayani masyarakatnya," ungkapnya.

Kajati Dr.Patris berharap ke depan pembangunan bisa lebih optimal lagi. Untuk mengoptimalkan pembangunan, kepala daerah tak bisa bekerja sendirian. Buktinya, Bupati Konsel Surunuddin berhasil membangun daerah karena bersinergi dengan seluruh stakeholder dan instansi terkait lainnya.

"Kita percaya, pembangunan ke depan dapat lebih optimal lagi. Tetapi syaratnya itu, sumber daya yang ada di kabupaten ini harus dikelola dengan baik dan memberikan manfaat yang maksimal bagi daerah dan masyarakat," jelas Kajati Dr.Patris.

Menurutnya, keberadaan kejaksaan di daerah untuk membantu dan mendukung kepala daerah dalam mewujudkan visi misi pembangunan daerah.
"Kejaksaan terdiri beberapa bidang yang berfungsi membantu dan mendukung kinerja pemerintahan daerah. Ada bidang pidana umum (Pidum), bidang intelijen, pidana khusus (pidsus), serta bidang perdata dan tata usaha negara (Datun)," sebut Kajati Dr.Patris.

Sementara itu, Bupati Konsel, Surunuddin Dangga menjelaskan daerah yang dipimpinnya adalah Indonesia mini. Nyaris seluruh etnis ada di Konsel. Tanggung jawab Pemkab Konsel adalah memastikan semua mendapat hak yang sama.

"Alhamdulliah selama ini Konawe Selatan menjadi daerah yang nyaman dan aman. Kami selalu meyakinkan bahwa perbedaan bukan masalah, justru dengan perbedaan kita menjadi kuat dalam bingkai persatuan," ujar Bupati Surunuddin.

Di hadapan Kajati, Bupati Surunuddin membeberkan sinergitas Pemkab dan Kejari Konsel berjalan baik selama ini. Kejari Konsel, kata Bupati Surunuddin, senantiasa melakukan pendampingan dan telah mendukung program Pemkab Konsel.

"Sinergisitas dan kerja sama antara Pemkab dan Kejari Konsel serta stakeholder terkait lainnya selama ini sangat baik, dan berdampak terhadap percepatan pembangunan daerah, baik fisik maupun nonfisik," terang Bupati Surunuddin.

Bupati Surunuddin mengaku mengoptimalisasi potensi daerah dan peningkatan indeks pembangunan manusia, baik dari segi pendidikan dan kesehatan.
"Selama memimpin Konsel, kami niatkan mendorong pembangunan daerah yang berorientasi pada peningkatan kualitas hidup masyarakat, dan ini didukung seluruh lapisan masyarakat serta instansi," tutupnya.

Kunjungan kerja Kajati Sultra, Dr.Patris turut dihadiri Wakil Bupati Konsel Rasyid, Sekda Hj St Chadidjah, Ketua DPRD Irham Kalenggo, jajaran Forkopimda, TNI dan Polri serta jajaran organisasi perangkat daerah lingkup Pemkab Konsel. (ndi/b)

  • Bagikan