Dua Parpol Usulkan Prof Aswanto Jadi Pj Gubernur Sulawesi Selatan

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID-Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman akan menyelesaikan pemerintahannya, sebulan lagi. Tepatnya, bakal berakhir 5 September 2023 mendatang. Sejumlah nama mulai dibahas dan dibicarakan masing-masing fraksi di DPRD Sulsel, sebagai figur calon Penjabat Gubernur Sulsel.

Salah satu nama mencuat dalam pembahasan masing-masing fraksi adalah Prof. Aswanto, yang ini menjabat Staf Ahli Bidang Hukum Kementerian Komunikasi dan Informatika. Dua fraksi DPRD Sulsel: PKS dan NasDem, mengusulkan Prof Aswanto sebagai Pj Gubernur Sulsel.

Wakil Ketua DPRD Sulsel Fraksi PKS, Muzayyin Arif membenarkan kalau Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), memasukkan dan mengusulkan Prof. Aswanto, sebagai salah satu figur yang tepat menjadi penjabat Gubernur Sulsel mendatang. “Ada beberapa nama, namun figur yang saya kira tepat adalah Prof. Aswanto," ujar Muzayyin Arif dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 1 Agustus 2023.

Hal senada disampaikan Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD Sulsel, Ady Anshar. “Ada 3 nama, namun yang kami anggap pas adalah Prof. Aswanto," ucapnya.

Prof Aswanto

Menanggapi hal itu, Pakar Komunikasi dan Akademisi dari Unhas, Dr. Hasrullah menilai, sosok Prof Aswanto memang punya kualitas yang tak diragukan lagi.

Selain telah melintang diberbagai lembaga tinggi negara, seperti menjadi Hakim Mahkamah Konstitusi (MK), di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pusat, Prof Aswanto merupakan aset bangsa yang sangat berharga. Dalam karakter, integritas dan kapabilitas Prof Aswanto tidak lagi diragukan.

“Idealisme yang dimilikinya sangat kuat dan tak tergoyahkan. Di samping itu, dari sisi keilmuan, Prof Aswanto sangat paham seluk-beluk hukum dan kebijakan. Sehingga, gampang menyesuaikan diri dengan kondisi pemerintahan yang ada," imbuhnya. (*/KP)

  • Bagikan