Gandeng UHO, Lelang 11 JPTP

  • Bagikan
Alimin
Alimin

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Setelah melalui proses panjang, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) akhirnya menerbitkan surat rekomendasi, mengizinkan pelaksanaan seleksi terbuka 11 jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur). Untuk menghasilkan pejabat berkualitas dan mampu mewujudkan visi dan misi kepala daerah, maka akademisi Universitas Haluoleo digandeng sebagai panitia seleksi.

Kepala Badan Kepegawain dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Butur, Alimin, mengungkapkan, pendaftaran dan penerimaan berkas calon pejabat tinggi pratama berlangsung mulai tanggal 11 hingga 26 Juli. Sampai kini diketahui, belum ada pendaftar yang mengembalikan berkas.

"Sekretaris Kabupaten, Muh. Hardhy Muslim selaku Ketua Panitia Seleksi. Kami juga melibatkan akademisi dari Universitas Halu Oleo dan tokoh masyarakat," ujar Alimin, Senin (24/7).

Ia mengungkapkan, nantinya dalam seleksi kompetensi manajerial, para peserta akan mengikuti asesmen pengerjaan tes psikologi, simulasi asesmen center dan wawancara. “Kemudian panitia seleksi akan menetapkan maksimum lima calon peserta terbaik yang memenuhi persyaratan dengan batas lima kali jumlah formasi setiap jabatan, sistem gugur," terangnya.

Mantan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Butur tersebut menambahkan, untuk seleksi kompetensi teknis bidang, peserta akan diuji kemampuan dan kompetensi teknisnya melalui penulisan dan presentasi makalah, wawancara mendalam, serta penelusuran rekam jejak.

"Setelah itu panitia seleksi akan mengumumkan tiga calon terbaik masing-masing untuk JPTP berdasarkan nilai akumulasi tes seleksi kompetensi manajerial dan teknis. Hasil seleksinya disampaikan kepada bupati sebagai pembina kepegawaian dan nantinya menetapkan JPTP yang akan dilantik," tandas Alimin. (c/had)

  • Bagikan