Dinas Pendidikan Buteng Gelar Pelatihan Metode Gasing

  • Bagikan
BELAJAR: Pj Bupati Buteng, Andi Muhammad Yusuf menyalami para peserta pelatihan pembelajaran metode Gasing di Buteng, beberapa waktu lalu. (DISKOMINFO BUTENG FOR KENDARI POS)
BELAJAR: Pj Bupati Buteng, Andi Muhammad Yusuf menyalami para peserta pelatihan pembelajaran metode Gasing di Buteng, beberapa waktu lalu. (DISKOMINFO BUTENG FOR KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) melalui Dinas Pendidikan bekerjasama dengan Yayasan Teknologi Indonesia Jaya (YTIJ) melaksanakan pelatihan pembelajaran dengan metode Gasing (Gembira, Asyik dan Menyenangkan). Itu sebagai tindak lanjut dari kerja sama antara Pemkab Buteng dengan YTIJ tentang peningkatan kualitas pendidikan, pelatihan guru SD dan SMP.

Pj Bupati Buteng, Andi Muhammad Yusuf mengatakan kegiatan itu berlangsung sejak 19 Juli 2023 itu hingga 3 Agustus mendatang. Andi Muhammad Yusuf mengatakan, pelatihan metode Gasing akan meningkatkan kualitas dan kemampuan mengajar guru dalam bidang sains dan matematika. Sehingga diharapkan program ini juga akan meningkatkan minat dan kemampuan belajar siswa dalam dua bidang itu.

“Harapannya kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan generasi Butteng kedepan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Buteng, Abdullah mengungkapkan pembelajaran metode gasing itu diikuti 60 murid SD dan 32 guru yang tersebar di seluruh sekolah. Pada Juni lalu, Pemkab Buteng telah menjalin kerja sama dengan Yayasan Teknologi Indonesia Jaya dalam hal peningkatan mutu pendidikan di Buteng.

Metode pembelajaran gasing sendiri untuk memberikan pengetahuan yang mumpuni para guru SD di bidang matematika sehingga kedepannya siswa bisa memiliki kemampuan numerik.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan guru dan siswa dalam membentuk pola pikir, karakter, kolaborasi dan komunikasi di dalam kelas,” tutur Abdullah. (uli/b)

  • Bagikan