Jelang Turun Takhta, Ali Mazi-Lukman Abunawas Ekspose Karya

  • Bagikan
Plh.Sekda Sultra, Sukanto Toding memimpin rapat persiapan ekspose duet Aman dan peringatan hari Kemerdekaan RI 17 Agustus di aula Merah Putih Rujab Gubernur Sultra, Senin (10/7), kemarin. (DINAS KOMINFO SULTRA)


--Panitia Mantapkan Persiapan Ekspose 31 Agustus

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Duet Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra, Ali Mazi-Lukman Abunawas (Aman) di penghujung masa jabatan. Akhir Masa Jabatan (AMJ) duet berakronim Aman itu pada 5 September 2023. Sebelum turun takhta, Aman akan mempersembahkan karya-karya pembangunan sejak tahun pertama hingga tahun kelima menjabat.

Persembahan karya itu dikemas dalam kegiatan Ekspose 5 Tahun Aman. Panitia ekspose di Pemprov Sultra sedang bersiap menggelar ekspose yang direncanakan pada 31 Agustus 2023. Progres persiapan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ditunjuk "ditagih" Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra, Sukanto Toding.

Kata Sukanto Toding, persiapan ekspose harus segera dituntaskan, karena waktu kian dekat dengan bulan Agustus. Salah satunya menyiapkan bahan presentasi (penyajian) progres pembangunan selama 5 tahun terakhir. OPD yang belum menuntaskan bahan presentasinya, bakal diberi waktu 2 hari untuk menyiapkan.

"Penyiapan konten acara tersebut diharapkan bahan-bahannya segera masuk (diserahkan. Selain itu, hal-hal lainnya yang telah disepakati bersama harus menjadi perhatian. Agar ekspose akhir masa jabatan ini dapat berjalan sukses," ujar Plh.Sekda Sultra, Sukanto Toding saat memimpin rapat persiapan Ekspose 5 Tahun Aman di Aula Merah Putih Rujab Gubernur Sultra, Senin, kemarin.

Dalam rapat turut yang dihadiri seluruh kepala OPD Pemprov Sultra itu, Sukanto Toding juga "menagih" progres penuntasan testimoni atas karya pembangunan duet Aman dalam 5 tahun. Begitu pula progres seleksi atau pengusulan tokoh untuk diberikan penghargaan.
"Sesuai kesepakatan, biaya dan sebagainya dibebankan kepada masing-masing OPD," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Biro (Karo) Pembangunan Setda Sultra, Nurbiyah memastikan jadwal ekspose Aman yang telah ditetapkan gubernur yakni pada 31 Agustus 2023.
“Kami sampaikan kepada kepala OPD untuk mengoptimalkan waktu yang telah diberikan. Kami berharap seluruh kepala OPD menyiapkan testimoni instansinya masing-masing dan menyiapkan data program kegiatan unggulan setiap OPD,” ujarnya.

Nurbiyah merinci data program unggulan mulai 2018 sampai tahun 2023. Dalam momen Ekspose 5 Tahun Aman, pihaknya menonjolkan 3 program strategis gubernur yakni program Garbarata. "Sebab, selama ini masyarakat hanya mengetahuinya dalam bentuk akronim. Sementara gubernur dan wakil gubernur telah memberi anggaran baik fisik maupun nonfisik ke daerah kepulauan dan daratan sejak tahun pertama hingga terakhir. Nah, porsi anggaran itu yang akan kita tonjolkan dalam ekspose,” ungkapnya. (rah/b)

  • Bagikan