Rusman Membangun Muna Berdaya Saing

  • Bagikan
Bupati Muna, LM Rusman Emba (pegang bendera start) melepas peserta karnaval budaya dalam rangka menyambut HUT ke-64 Kabupaten Muna, Senin (3/7), kemarin.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Hari ini, Selasa 4 Juli 2023, Kabupaten Muna berusia 64 tahun. Dari tahun ke tahun, derap pembangunan di Kabupaten Muna bergerak dinamis. Di tangan Bupati Muna, LM Rusman Emba, Kabupaten Muna semakin berkembang. Bupati Rusman membangun Muna yang mandiri dan berdaya saing.

Pembangunan infrastruktur dan suprastruktur digencarkan Bupati Rusman. Sektor pertanian terutama subsektor perkebunan berkembang pesat. Bahkan, Kabupaten Muna berkali-kali mengirim produksi jagung kuning ke Pulau Jawa.

Bupati Muna, LM. Rusman Emba mengaku telah melakukan berbagai pendekatan strategis dalam pembangunan daerah untuk mencapai visi besar Kabupaten Muna yang dipimpinnya. Setiap sektor pembangunan senantiasa berlandaskan pada skala prioritas.

"Pada bidang pemerintahan dan pembangunan manusia terukur melalui indeks pembangunan manusia (IPM). Setiap tahun, IPM Kabupaten Muna menunjukan kenaikan. Pencapaian IPM sampai tahun 2022 sebesar 69,81 persen," ujar Bupati Muna, Rusman Emba saat melepas peserta karnaval budaya dalam rangka menyambut HUT ke-64 Kabupaten Muna, Senin (3/7), kemarin.

Pada sektor pendidikan, Bupati Rusman telah merehabilitasi sarana dan prasarana pendidikan. Peningkatan pelayanan sektor kesehatan berhasil ditunaikan Bupati Rusman dengan menyelesaikan pembangunan RSUD dr.LM.Baharuddin. "Pelayanan RSUD terus kita tingkatkan. Bahkan beberapa Puskesmas telah kita renovasi menjadi lebih modern dan representatif," ungkapnya.

HUT ke-64 Kabupaten Muna tahun 2023 ini mengangkat tema "Membumikan Rasa Cinta dan Bangga Membangun Daerah yang Mandiri dan Berdaya Saing". Bupati Rusman Emba mengungkapkan tema itu bermakna rasa cinta dan memiliki terhadap Bumi Sowite hendaknya selalu tertanam dalam jiwa masyakarat. Sikap itu tercermin dalam perilaku masyarakat, sehingga menjadi masyarakat yang kuat mandiri dan berdaya saing.

"Dengan tema tersebut, diharapkan akan senantiasa saling mendukung, tingkatkan solidaritas dan kekompakan serta menghilangkan perbedaan politik sehingga tercipta kebersamaan untuk membangun daerah yang kita cintai ini," ungkap Bupati Rusman.

Bupati Muna 2 periode itu menambahkan, momentum kelahiran sebuah daerah bukan sekedar acara seremonial. Tetapi tercatat jelas dalam lembaran sejarah daerah dan menjadi agenda rutin setiap tahunnya.

"Momentum perayaan HUT Kabupaten Muna setiap tahunnya menjadi rajutan kebersamaan dan saling mendukung demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat Muna menjadi kuat, mandiri dan berdaya saing," tegas Bupati Rusman Emba. (deh/b)

  • Bagikan