Aspal Buton Bangkit, Indonesia Maju

  • Bagikan
Pj.Bupati Buton, Basiran mendampingi Presiden Jokowi (kiri) dan Gubernur Ali Mazi saat meninjau pabrik aspal di Kabupaten Buton, September 2022.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Tahun 1959, Kabupaten Buton berdiri menjadi daerah otonomi. Secara yuridis dan formal kelembagaan, Kabupaten Buton dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 29 Tahun 1959. Hari ini, Selasa 4 Juli 2023, daerah yang dikenal memiliki deposit aspal terbesar di dunia itu merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-64.

HUT Kabupaten Buton tahun ini menjadi momentum peneguhan komitmen Pemkab Buton untuk membangkitkan Aspal Buton (Asbuton) menuju Indonesia maju yang bermuara pada terwujudnya kesejahteraan rakyat di Sultra dan Kabupaten Buton.

Penjabat (Pj) Bupati Buton, Basiran mengatakan perayaan HUT ke-64 Kabupaten Buton dan HUT ibu kota Pasarwajo ke-20 mengusung tema Aspal Buton Bangkit, Indonesia Maju. Tema itu mengandung makna komitmen dan motivasi besar untuk terus memperjuangkan aspal Buton untuk menjadi penyokong utama kebutuhan aspal nasional.

"Pada hari Selasa 27 Juni 2023, saya diundang dalam forum kerja sama ekonomi Indonesia dan Cina. Saya paparkan potensi aspal kita. Aspal Buton sudah diperhitungkan. Ini yang terus kita perjuangkan. Makanya tema HUT Kabupaten Buton tahun ini adalah aspal Buton bangkit, Indonesia maju," ujar Pj.Bupati Buton, Basiran.

Mantan Kepala BPKAD Provinsi Sultra itu mengajak semua elemen masyarakat Kabupaten Buton untuk bahu membahu mengawal proses pemanfaatan aspal Buton hingga benar-benar terwujud. "Kita punya sumber daya alam yang sangat dibutuhkan dunia. Saya mengajak kita semua berusaha dan berdoa untuk kebangkitan aspal kita," ungkap Pj.Bupati Basiran.

Upacara HUT ke-64 Kabupaten Buton akan digelar hari ini, 4 Juli 2023. Setelahnya akan dilanjutkan dengan acara rutin penutup yakni Kandekandea (makan bersama). Sebanyak 2023 talang aneka makanan tradisio nal disiapkan panitia untuk menjamu para tamu.

Serangkaian kegiatan sudah digelar untuk meramaikan hari jadi daerah berjuluk Tanah Wolio itu. Mulai dari pertandingan olahraga hingga karnaval budaya yang melibatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kecamatan dan desa kelurahan di Kabupaten Buton.

Teristimewa, tahun ini Pemkab Buton mengundang Pemkab Konawe untuk berlaga dalam pertandingan sepak bola bertajuk persahabatan. Sayangnya, tuan rumah harus takluk 1:4 atas tamunya Pemkab Konawe. Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa turun langsung mendukung timnya dari sisi lapangan. Sementara Pj.Bupati Buton, Basiran memilih merumput bersama anggotanya. Atas partisipasi aktif semua pihak itu, Pj.Bupati Basiran memberikan apresiasi dan ucapan terimakasihnya. (lyn/b)

  • Bagikan