Jemaah Haji Bersiap Wukuf, Sekda Sultra : Jemaah Haji Sehat dan Baik

  • Bagikan
Sekda Sultra, Asrun Lio yang juga Petugas Haji Daerah (PHD) saat mengecek kesiapan tenda JCH Kloter 24 UPG asal Kota Kendari yang akan menunaikan wukuf di Arafah.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Wukuf adalah salah satu inti rangkaian ibadah haji. Wukuf yang juga puncak pelaksanaan haji dilaksanakan di padang Arafah pada 9 Dzulhijjah 1444 Hijriah atau Rabu 28 Juni 2023 Masehi. Jemaah Calon Haji (JCH) Sultra Kloter 24 UPG bersiap wukuf. Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi mulai mempersiapkan beragam layanan selama puncak haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna/Armina).

Persiapan itu seperti jadwal pergerakan jemaah haji menuju Armina, pengecekan tenda di lokasi wukuf hingga pemeriksaan kesehatan JCH. 393 JCH asal Kota Kendari yang tergabung dalam Kloter 24 UPG didominasi lanjut usia (Lansia). Petugas Haji Daerah (PHD) Sultra, Asrun Lio mengaku telah mengecek secara langsung lokasi di Arafah.

"393 JCH asal Kota Kendari akan menempati 2 tenda di Mina. Alhamdulillah, lokasi tenda kloter 24 berdampingan dengan toilet sehingga cukup memudahkan para jemaah untuk mengaksesnya," ujar Asrun Lio kepada Kendari Pos melalui sambungan telepon, Minggu (25/6), kemarin.

Saat mengecek lokasi di Arafah, waktu menunjukan pukul 18.55 Waktu Arab Saudi (WAS) sedangkan di Sultra menunjukan pukul 23.58 Wita. Saat itu, suhu mencapai 37 derajat pada malam hari. Sedangkan suhu pada siang hari mencapai 42 derajat bahkan lebih.
"Meski demikian, para jemaah semata-mata berharap Rida Allah SWT dan berdoa semoga perjalanan ibadah haji 2023 ini dimudahkan dan diberi kelancaran oleh Allah SWT," ungkap Asrun Lio.

Asrun Lio yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sultra itu menjelaskan 393 JCH asal Kota Kendari bersiap menuju Arafah pada 8 Dzulhijjah atau hari Selasa, 27 Juni 2023. “Jelang puncak haji (wukuf), jemaah haji diberangkatkan secara bertahap ke Arafah pada 8 Dzulhijjah. Jemaah akan mengenakan kain ihram dan mengambil miqat (batas waktu dan tempat bagi dimulainya ibadah haji dan umrah) di hotel masing-masing,” tuturnya

Sekda Asrun Lio menjelaskan, seluruh jemaah haji dalam kondisi sehat dan baik, Minggu (25/6) kemarin. "Alhamdulillah, Alhamdulillah, Alhamdulillah Allahu Akbar. Segala puji hanya milik Allah SWT. Syukur alhamdulillah para jemaah haji asal Sultra khususnya kloter 24 dalam kondisi sehat meski didominasi oleh lansia," katanya.

Selama berada di Kota Makkah, jemaah haji menyiapkan diri menuju Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna/Armina) untuk menunaikan wukuf. Berbagai persiapan dilakukan, mulai pengecekan kesehatan jemaah haji secara berkala, hingga pemantapan bimbingan manasik haji.

"Pemeriksaan kesehatan persiapan menuju Armina intens dilaksanakan. Semoga atas izin Allah SWT semua tetap berjalan lancar dan aman bersama para seluruh jemaah haji Sultra khususnya kloter 24," imbuh Sekda Asrun Lio.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra itu mengungkapkan, seluruh jemaah haji di Kloter 24 UPG sangat menantikan wukuf di Arafah. Sekda Asrun Lio berharap doa dari seluruh masyarakat Sultra agar perjalanan ibadah haji bisa berjalan lancar, dan aman.

" Insya Allah, dengan niat suci memenuhi panggilan Illahi Robbi, hati hanya tertuju kehadirat Allah SWT. Labbaikallahumma labbaik. Kami berharap agar perjalanan spiritual haji yang penuh khidmat ini dapat menghantarkan para jemaah haji menjadi haji mabrur," tutup Sekda Asrun Lio. (rah/b)

  • Bagikan