Tingkatkan Minat Baca, Pemkab Wakatobi Tata Perpustakaan

  • Bagikan
Bunda Literasi Wakatobi, Hj. Eliati Haliana saat mengunjungi sejumlah sekolah di Pulau Wangi-Wangi. Ia juga sekaligus meninjau perpustakaan dan memantau minat baca para pelajar.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pengelolaan perpustakaan dan minat baca siswa mendapat perhatian besar dari Bunda Literasi Wakatobi, Hj. Eliati Haliana. Bersama pihak Dinas Perpustakaan Daerah dan Kearsipan serta Dinas Pendidikan dan Kebudayan Wakatobi, Eliati Haliana baru saja melakukan kunjungan pada lima sekolah yang ada di Pulau Wangi-Wangi.

Ia mengatakan, peran pustakawan dalam mengelola dan mengatur perpustakaan sangat penting. Terutama penyiapan buku kunjungan dan ruangan yang nyaman. Termasuk penataan buku-buku yang ada di perpustakan sekolah. “Tentu harus tertata dengan baik untuk meningkatkan minat baca peserta didik dan menambah angka kunjungan keperpustakaan. Ini yang perlu diperhatikan dan diseriusi,” pintanya, Rabu (21/6).

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan Daerah dan Kearsipan Kabupaten Wakatobi, Mauwi, berharap, dengan hadirnya Bunda Literasi, minat baca peserta didik semakin meningkat dan pengelola perpustakaan harus berinovasi serta kreatif. Sehingga nantinya Wakatobi dapat memiliki perpustakaan yang sesuai dengan standar nasional.

“Harapan kita minat baca khususnya para siswa di sekolah semakin meningkat. Dengan adanya Bunda Literasi kita juga berharap pengelolaan perpustakaan kita semakin inovasi dan kreatif,” harapnya.

Untuk diketahui, lima sekolah yang dikunjungi tersebut adalah SDN 1 Wanci, SDN 2 Wanci, SDN Wandoka, SDN Antapia dan SMPN 3 Wangi-Wangi Selatan. Dalam kunjungan Bunda Literasi, Eliati Haliana bersama rombongan itu, mereka disambut antusias para pelajar di sekolah tersebut. (b/thy)

  • Bagikan