Menggali Ilmu Jurnalistik, SMAN 5 Belajar di Kendari Pos

  • Bagikan
Direktur Kendari Pos, Irwan Zainuddin (2 dari kanan), Pemimpin Redaksi Kendari Pos, Inong Saputra (tengah), Pembina KJS SMAN 5 Kendari, Hj.Kusmawati Kurdin (2 dari kiri), dan Manajer Sirkulasi Kendari Pos, Resmin (kanan) bersama Kelompok Jurnalistik Siswa SMAN 5 Kendari di Graha Pena Hall Kendari Pos, Selasa (13/6) kemarin.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Tak banyak Sekolah Menengah Atas (SMA) di Sultra yang memiliki Kelompok Jurnalis Siswa (KJS). Satu dari yang tak banyak itu adalah SMAN 5 Kendari. Sekolah itu mendirikan KJS dan melatih siswanya bergelut di dunia jurnalistik. Nah, untuk memperdalam pengetahuan jurnalistik, SMAN 5 Kendari memboyong 30 siswanya menggali ilmu jurnalistik di Kendari Pos, Selasa (13/6), kemarin.

Puluhan siswa Kelas X dan XI SMAN 5 Kendari belajar jurnalistik dari praktisinya langsung di Graha Pena Hall. Rombongan siswa yang dipimpin KJS SMAN 5 Kendari Dra.Hj.Kusmawati Kurdin diterima Direktur Kendari Pos, Irwan Zainuddin dan Pemimpin Redaksi Kendari Pos, Inong Saputra.

Kusmawati Kurdin, mengatakan kunjungan ini bertujuan untuk memperkenalkan dunia jurnalistik kepada anggota KJS SMAN 5 Kendari. Sekaligus untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang pembuatan berita dan kerja-kerja jurnalistik profesional.

Ia menuturkan, memilih Kendari Pos sebagai tempat belajar sangat tepat karena memiliki beragam platform media massa, baik cetak (koran) maupun media online.

"Kita semua tahu bahwa Kendari Pos merupakan media terbesar di Sultra, sehingga kami memilihnya sebagai tempat kunjungan untuk meningkatkan pengetahuan anak-anak kami tentang jurnalistik," ujar Kusmawati Kurdin.

Kesediaan Kendari Pos menerima kunjungan siswa SMAN 5 Kendari diapreasiasi Kusmawati Kurdin. Ia menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kendari Pos yang telah berbagi pengetahuan jurnalistik kepada siswanya.

"Siswa yang aktif di KJS ini belajar jurnalistik secara otodidak. Oleh karena itu, kami berinisiatif membawa siswa untuk belajar di Kendari Pos agar dapat meliput berita secara aktual dan faktual seperti yang dilakukan Kendari Pos," jelas Kusmawati.

Ia berharap kunjungan ini tidak berhenti hanya sampai di sini namun berkelanjutan. Pihaknya sangat membutuhkan pengalaman dan pembelajaran mengenai ilmu jurnalistik. "Terima kasih kepada Kendari Pos karena telah menerima kami dan berbagi mengenai kerja jurnalistik, tugas jurnalis, serta tugas dan tanggung jawabnya," tutup Kusmawati.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Kendari Pos, Irwan Zainuddin, mengatakan peran dan tugas jurnalis saat ini tidak hanya didominasi oleh wartawan. Masyarakat, terutama siswa dapat berperan sebagai pemberi informasi melalui kanal citizen journalism atau jurnalisme warga.

"Oleh karena itu, penting bagi siswa untuk belajar tentang ilmu jurnalistik. Terlebih lagi mereka adalah calon penerus jurnalis-jurnalis di masa mendatang," kata Direktur Irwan Zainuddin.

Ia mengungkapkan kemampuan seorang jurnalis adalah mampu menggali informasi secara menyeluruh dari narasumber. "Jika seorang jurnalis tidak mampu menggali informasi secara mendalam, maka tulisannya akan dangkal. Melalui kunjungan ini, pengetahuan KJS SMAN 5 Kendari tentang ilmu jurnalistik dapat meningkat, bahkan dapat dipraktekkan di sekolah," ungkap Direktur Irwan Zainuddin.

Kendari Pos selalu berupaya menjawab tuntutan zaman di era perkembangan Teknologi dan Informasi (TI) saat ini. Masyarakat membutuhkan informasi yang aktual, akurat, dan terpercaya. "Melalui berbagai platform media massa yang kami miliki, kami menyajikan informasi kepada publik. Tidak hanya menyajikan sekadar informasi, tetapi juga sebagai sesuatu yang berbeda melalui pemberitaan," tutup Direktur Irwan Zainuddin. (win/c)

Menggali Ilmu Jurnalistik

  • Bagikan