Pengamat: Gerindra Berpotensi Rengkuh Kursi Tertinggi DPR RI

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Trend Partai Gerindra menarik simpati masyarakat konsisten meningkat. Dari tahun ke tahun, elektabilitas Partai besutan Prabowo Subianto itu menunjukan kemajuan signifikan.

Partai Gerindra diyakini bakal memperoleh kursi tertinggi di DPR RI di Pemilu 2024 mendatang.

Pengamat komunikasi politik Hariqo Wibowo melihat dari segi tren elektabilitas, Partai Gerinda sangat menjanjikan untuk menang di pemilu nanti.

"Partai Gerindra kenaikan elektabilitasnya sudah tidak bisa dielakkan, dari bulan Januari sampai Mei 2024, Partai Gerindra terus naik, kalau terus seperti ini Gerindra akan unggul dalam perolehan kursi di DPR nanti," kata Hariqo, kemarin.

Dalam potret hasil survei lembaga Y-Publica yang dilakukan dari tanggal 21-27 Mei 2023, pada bulan Februari 2023 elektabilitas Gerindra masih sebesar 11,7 persen, lalu melonjak pada awal April 2023 menjadi 14,4 persen, dan kini mencapai 15,8 persen.

Hariqo memprediksi tren elektabilitas partai berlambang burung garuda itu akan terus melonjak. Bahkan bisa melampaui PDIP yang saat ini memimpin elektabilitas partai yang paling tinggi.

Kemungkinan-kemungkinan itu akan terjadi, Gerindra bisa memantapkan dirinya untuk menjadi partai yang besar, kemungkinan juga bisa menyalip elektabilitas PDIP karena ini politik berubah-ubah, Gerindra masih mempunyai waktu untuk menambah tingkat respondennya," terangnya.

Menurut Hariqo, naiknya elektabilitas Partai Gerindra itu tidak lepas dari nama besar Prabowo Subianto. Terlebih lagi, publik mengenal Menteri Pertahanan (Menhan) tokoh sosok yang mampu memimpin bangsa Indonesia.

"Pak Prabowo masih dikenal dengan sosok figur tokoh utama Partai Gerindra yang mempunyai kemampuan matang dalam politik untuk membawa Indonesia ke arah lebih baik, secara bersamaan Prabowo mencalonkan diri sebagai capres, jadi publik mungkin melihatnya seperti itu," tandasnya. (ali).

  • Bagikan