Pelabuhan Nusantara Raha Masih Lengang, Ini Prediksi Polres Muna Terkait Puncak Arus Balik Lebaran

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID--Pelabuhan Nusantara Raha masih tampak lengang, Minggu, 23 April 2023. Sejak pagi, hanya ada satu kapal cepat yang standby dan berangkat pukul 08.30 Wita. Setelah itu, hingga pukul 10.30 Wita, tidak ada aktivitas penumpang di pelabuhan.

"Pelayaran masih normal. Setelah lebaran, kapal cepat berangkat seperti biasa. Tak ada penumpukan penumpang," ujar La Ode, salah satu petugas pelabuhan.

Pantauan media ini, memang sejak pagi hingga siang, belum ada tanda-tanda pemudik akan pulang cepat. Berkaca dari pengalaman lebaran sebelumnya, kalau mendekati arus balik lebaran, maka tiga atau empat hari sebelum pulang, penumpang sudah ramai di pelabuhan untuk mengantri tiket.

Kapolres Muna, AKBP Mulkaifin

"Memungkinkan arus balik tidak akan bertumpuk. Karena liburan cukup panjang. Mungkin PNS yang tugas di Kendari akan pulang, Selasa, 25 April. Kalau mahasiswa atau penumpang lainnya mungkin pulang 28 April atau 30 April," jelas petugas lainnya.

Senada dengan Polres Muna. Kapolres Muna AKBP Mulkaifin, memprediksi Pelabuhan Nusantara Raha maupun Pelabuhan Ferry Tampo Kabupaten Muna, bakal dipadati ribuan penumpang, baik mandiri maupun pengguna roda dua dan roda empat, akhir pekan depan.

"Saat ini, kami sedang koordinasi dengan Syahbandar, terkait persiapan puncak arus balik yang diprediksi mulai Jumat sampai Minggu atau 28-30 April," kata Kapolres Muna AKBP Mulkaifin kepada kendaripos.fajar.co.id, Minggu 23 April 2023.

Terkait berapa perkiraan akumulasi jumlah penumpang saat arus balik, kata dia, sedang dilakukan pemetaan oleh pihak Syahbandar Raha. Pada prinsipnya, Polres Muna bakal "all out" untuk mengamankan maupun memberikan pelayanan saat arus balik.

"Personel Polres Muna akan senantiasa siaga untuk mengamankan arus balik, agar para pemudik sampai dengan selamat," pungkasnya. (ali/KP)

  • Bagikan