Sepeda Santai dan Adventure Trail Ramaikan HUT Konawe ke-63

  • Bagikan

--Adventure Trail Jelajah Alam Konawe Diikuti Pj. Bupati Mubar, Bahri--

KENDARIPOS.FAJAR.COID - Pemerintah Kabupaten Konawe menggelar berbagai kegiatan dalam menyambut hari jadinya ke-63 tahun yang jatuh pada 3 Maret 2023. Beberapa rangkaian yang dihelat yakni Olahraga sepeda santai dan Adventure Trail Jelajah Alam Konawe.

Hari ini (Sabtu,25/2), Panitia Expo Konawe Gemilang mengelar kegiatan olahraga Sepeda Santai yang star dan finish di Halaman Kantor Bupati Konawe, dan selanjutnya diadakan pengundian puluhan doorprize dengan hadiah utama 1 unit sepeda listrik.

Kegiatan olah raga sepeda santai ini diikuti kurang lebih 400 peserta dari lingkup OPD dan masyarakat Kabupaten Konawe.

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan Adventure Trail Jelajah Alam Konawe yang juga diikuti sekira 600 peserta se Provinsi Sultra dan dari luar Provinsi Sultra, dan kedua kegiatan ini dilepas dan dipimpin langsung oleh Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (KSK).

“Rangkaian kegiatan menyambut HUT Kabupaten Konawe sudah kami mulai dari kemarin (Jum’at, 24/2) yaitu ziarah ke makam Raja Lakidende, kemudian dilanjutkan dengan Mosehe Wonua. Dan hari ini (Sabtu, 25/2) mulai pagi tadi jam 07.00 WITA kegiatan sepeda santai yang diikuti kurang lebih 400 peserta, dan selanjutnya kegiatan Trail Jejalah Alam Konawe diikuti kurang lebih 600 peserta dari 17 Kabupaten/Kota se Sultra dan ada juga dari luar Provinsi Sultra,” ungkap Ketua Panitia Expo Konawe Gemilang HUT Konawe ke 63, Tam Sati Sam Sabtu (25/2).

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Kadisporapar) Kabupaten Konawe, Jahiuddin menambahkan bahwa dalam kegiatan Adventure Trail Jelajah Alam Konawe ini turut diikuti oleh Pj. Bupati Muna Barat (Mubar) Bahri.

“Terus rute trail ini ada dua jalur yakni ada jalur ekstrem dan jalur eksekutif. Untuk jalur ekstrem itu dari Gunung Puu Unaaha ini, sekitar Puu Osu, sedangkan jalur eksekutif sekitaran yang dekat-dekat Ibu Kota Konawe ini,” terangnya.

Kata Jahiuddin yang merupakan Ketua Panitia Adventure Trail Jelajah Alam Konawe ini, bahwa Jalur eksekutif dipimpin langsung oleh Sekda Konawe, Ferdinand Sapan, dan jalur ekstrem dipimpin oleh Pj. Bupati Mubar, Bahri.

“Kemudian juga ada peserta dari luar Provinsi Sultra yakni dari Masamba, Luwu Utara, Luwu Timur, Morowali, Kalimantan, dan Surabaya, Jawa Timur,”tambahnya.

Sementara itu, penanggung jawab kegiatan trail, Hariyadin yang akrab disapa Bagas menambahkan bahwa dalam kegiatan Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa menyiapkan 6 unit motor sebagai hadiah.

“Untuk hadiah yang kita siapkan diawal sebanyak 4 unit Sepeda Motor, tapi karena melihat banyaknya peserta Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa menambah lagi 2 unit motor, jadi total hadiah motor sebanyak 6 unit motor. Adapun jenis hadiah motor yang disiapkan, untuk hadiah utama motor trail Honda CRF, kemudian motor Honda Revo, selebihnya itu Honda Beat,”jelasnya

Kata Bagas, untuk rute yang kita siapkan ada berapa sajian, rute ekstrem dan rute eksekutif, dan pejabat.

“Yang dilepas pertama, kedua dan ketiga adalah pemain-pemain (Biker) yang ekstrem, sedangkan untuk jalur yang dilintasi Desa Sendang, Puu Osu, BTN Wawonggole, Puu Roda, kemudian Olo-Oloho, kemudian kita balik dan finish di sini (di depan Kantor Bupati Konawe).

“Jadi yang masuk di jalur ekstrem itu, rata-rata sudah biasa main trail, sudah profesional, sedangkan yang belum profesional tidak diwajibkan melalui jalur ekstrem. Jadi ini sudah dipilah, jadi ini ada tanda, yang mau masuk ekstrem boleh, tapi non evakuasi, sedangkan, untuk jalur eksekutif pejabat, jalurnya santai,”pungkasnya.(AGS/IMR/FNN).

  • Bagikan