Abdul Azis Motivasi Kades Membangun Desa

  • Bagikan
Plt.Bupati Koltim, Abdul Azis (tengah) bersama salah seorang kades usai pelantikan di Kecamatan Lambandia, Kamis (2/2), kemarin.


Rangkul Masyarakat, Jangan Semena-mena Berhentikan Aparat

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Keberhasilan pembangunan yang digencarkan pemerintah kabupaten/kota, salah satu ujung tombaknya adalah pemerintah desa dan kelurahan. Lembaga pemerintahan itu berada di tingkat terbawah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Program kerja pemerintah kabupaten/kota sampai ke masyarakat tersalurkan atas peran pemerintah desa/kelurahan.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kolaka Timur (Koltim) Abdul Azis menyadari sepenuhnya hal itu. Ia pun memotivasi kepala desa (kades) di wilayahnya untuk membangun daerah dari level desa. Hal itu diungkapkan Plt. Bupati Abdul Azis saat melantik sebelas kades di Kecamatan Lambandia dan tujuh kades di Kecamatan Aere hasil pemilihan kepala desa (Pilkades) 19 Desember 2022, Kamis (2/2) kemarin.

Menurutnya, kontestasi Pilkades sudah berlalu. Kades terpilih dan dilantik tak boleh membangun sekat dengan masyarakatnya, terutama yang tidak mendukung saat Pilkades.
"Pilkades sudah usai, persaudaraan dan gotong royong membangun desa harus dilakukan untuk kemajuan daerah ini. Saya minta kades yang dilantik menjalankan amanah dengan jujur, adil, dan tulus ikhlas membangun desa serta melayani masyarakat," kata Plt. Bupati Abdul Azis dalam pelantikan kades, kemarin.

Mantan anggota Polri itu menegaskan kades yang baru dilantik menjalankan pemerintah yang baik. Selain itu, merangkul dan mengayomi masyarakat tanpa ada perbedaan politik pasca Pilkades.

"Hal terpenting juga adalah kades jangan semena-mena memberhentikan aparatnya. Kades harus berpegang teguh pada undang-undang yang berlaku. Begitu pula dalam mengevaluasi aparat desa," tegas Plt. Bupati Abdul Azis.

Ia juga mengingatkan kades agar tidak mangkir dalam bertugas. Kades yang meninggalkan tugas karena urusan pribadi selama dua hari harus atas izin camat dan lebih dari itu harus izin bupati melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Pria yang juga menjabat Wakil Bupati Koltim itu mengingatkan kades yang dilantik segera menyusun dan menetapkan rencana pembangunan jangka menengah desa (RPJMDes). Paling lambat tiga bulan RPJMDes sudah ditetapkan.

Plt.Bupati Abdul Azis menuturkan, para kades akan mengikuti pelatihan dan pembekalan agar dalam berhasil menjalankan amanah yang diberikan rakyat dalam Pilkades. "Selamat atas pelantikannya. Tunaikan tugas dan amanah yang diberikan rakyat dengan sebaik-baiknya, jujur dan ikhlas," tutupnya.

Terpisah, Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Koltim, Irwan Kara mengatakan, Plt.Bupati Koltim, Abdul Azis melantik 83 kades hasil Pilkades Desember 2022 secara maraton. Kamis (2/2) kemarin, Plt. Bupati Abdul Azis melantik sebelas kades di Kecamatan Lambandia dan tujuh kades di Kecamatan Aere. Jumat (3/2) hari ini, Plt.Bupati Abdul Azis akan melantik tujuh kades di Kecamatan Poli-Polia dan sepuluh kepala desa di Kecamatan Dangia.

Selanjutnya, kata Irwan Kara, Plt.Bupati Abdul Azis akan melantik kades setiap hari-kecuali hari libur-sampai 10 Februari. "Tentu kami berharap kades yang dilantik dapat merangkul semua elemen masyarakat di desanya. Pilkades sudah berlalu. Kini saatnya membangun desa dan menyukseskan pembangunan Pemkab Koltim," ujar Irwan Kara. (kus/c)

  • Bagikan