Patung Oputa Yi Koo Dianggarkan Rp 37 Miliar

  • Bagikan
Pahri Yamsul

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemprov Sultra akan menuntaskan pembangunan Patung Oputa Yi Koo di Kotamara, Kota Baubau, tahun 2023. Anggaran Rp 37 miliar telah dialokasikan di Dinas Ciptakan Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra untuk menyelesaikan proyek yang telah menghabiskan biaya Rp 17 miliar tahun 2022 itu.

Kapala Dinas Ciptakan Karya, Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, Pahri Yamsul mengupayakan anggaran yang tersedia, bisa mengerjakan proyek itu sampai tahap finishing. Meskipun menurutnya anggaran masih kurang, namun ia akan memaksimalkan semua pengerjaan di lapangan. “Bila dikalkulasi kebutuhan anggaran untuk pembangunan patung ini cukup besar. Namun untuk memaksimalkan pekerjaan dengan anggaran yang ada, kita kembali melakukan review desain agar anggaranya bisa cukup dan tak perlu ada tambahan anggaran lagi,” bebernya.

Pengerjaan pembangunan salah satu ikon Kota Baubau itu tahun lalu, kata dia, baru tuntas untuk bagian pondasi dasar untuk bagian utamanya. Sementara untuk bagian pendukungnya belum tuntas. “Tahun ini, pengerjaanya akan kita fokuskan pada pemasangan pondasi di atas air laut, pemasangan plat, sekalian dengan dudukan patungnya,” katanya.

Ia berharap pembangunan patung Oputa Yii Koo bisa tuntas tahun ini sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Sehingga dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat. (rah/b)

  • Bagikan