Bersama Membangun Sultra

  • Bagikan
Gubernur Sultra Ali Mazi (delapan dari kiri), Sekda Sultra Asrun Lio (delapan dari kanan), Rektor UHO Prof.Zamrun (tujuh dari kiri), para bupati, wakil bupati, Pj.bupati, dan sekda kabupaten/kota usai pelantikan Asrun Lio sebagai Sekda Sultra, di Aula Merah Putih Rujab Gubernur Sultra, Rabu (11/1), kemarin.


--Gubenur Lantik Sekda Sultra Asrun Lio

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Karier PNS Asrun Lio benar-benar cemerlang. Ia kini memimpin PNS lingkup Pemprov Sultra. Gubernur Sultra Ali Mazi melantik Asrun Lio sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) definitif. Pelantikan Asrun Lio merujuk SK Presiden RI Nomor 166/TPA Tahun 2022 tentang pemberhentian dan pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya (JPTM) Sekda Sultra. Pelantikan Sekda itu menjadi peneguhan komitmen untuk bersama melangkah membangun Sultra.

Gubernur Ali Mazi mengatakan, prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah Sekda Sultra telah sesuai dengan mekanisme dan prosedur peraturan perundang-undangan. Diawali seleksi terbuka, rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), dan melalui Tim Penilai Akhir (TPA) lalu ditetapkan Presiden Jokowi.

"Amanah dan kepercayaan yang diberikan oleh pemerintah melalui kepres tersebut adalah bersifat final. Satu hal yang mesti dipahami, proses merupakan ketetapan Tuhan Yang Maha Kuasa," kata Gubernur Ali Mazi usai melantik Asrun Lio di Aula Merah Putih Rujab Gubernur Sultra, Rabu (11/1), kemarin.

Gubernur Sultra Ali Mazi (kanan), saat melantik dan mengambil sumpah jabatan, Asrun Lio (kiri) sebagai Sekda Provinsi Sultra, di Aula Merah Putih Rujab Gubernur Sultra, Rabu (11/1), kemarin. Pelantikan disaksikan kepala daerah kabupaten/kota, pimpinan Forkopimda Sultra dan OPD Pemprov Sultra.

"Oleh karena itu, janganlah dijadikan polemik diantara kita. Yang terpenting dan utama bagi kita saat ini dan ke depan adalah memperkuat kebersamaan dan bersinergi menjalankan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat," sambung Gubernur Ali Mazi.

Usai melantik Sekda Sultra Asrun Lio, Gubernur Ali Mazi menitip pesan. Pertama, meningkatkan kedisiplinan ASN, menyeimbangkan peningkatan kesejahteraan (reward) dan pemberian sanksi (runishment). "Daya gunakan secara maksimal semua potensi ASN yang dimiliki dengan prinsip birokrasi yang cepat, tepat, akurat namun taat azas," ujarnya.

Kedua, kembangkan sistem penyusunan anggaran yang berbasis kinerja dan beri kesempatan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menyampaikan argumentasi atas semua usulan progam/kegiatannya secara komprehensif.

"Ketiga, bangun pola hubungan kerja sama yang baik dengan berbagai pihak, seperti DPRD, Forkopimda, pemerintah kabupaten/kota, TNI/Polri, instansi vertikal, perguruan tinggi, lembaga non pemerintah, media massa, dan komponen terkait lainnya untuk kelancaran tugas yang diemban," tutur Gubernur Ali Mazi.

Keempat, lakukan terobosan positif melalui pemikiran yang kreatif, inovatif dan sistemik untuk kepentingan organisasi dan senantiasa menjaga integritas, loyalitas tinggi dan komitmen terhadap tugas – tugas serta berusaha menjadi teladan, baik menjalankan tugas kedinasan maupun sebagai anggota masyarakat.

"Saya percaya, dengan dukungan kita semua dan atas izin Allah SWT, saudara Asrun Lio dengan berbekal kemampuan yang memadai dan pengalamannya sebagai Penjabat (Pj) Sekda Sultra selama sembilan bulan, dapat menjawab kepercayaan yang telah diberikan dengan baik dan penuh tanggung jawab,” kata Gubernur Ali Mazi.

Pada kesempatan yang sama, Sekda Sultra, Asrun Lio menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak sehingga dilantik sebagai "jenderal" ASN. "Alhamdulillah, kami diberi amanah menjalankan tugas sebagai Sekda Provinsi Sultra. In Sya Allah kami akan amanah," kata Sekda Asrun Lio.

  • Bagikan