Menikmati Karya Aman

  • Bagikan
PERPUSTAKAAN : Meski telah rampung sejak Desember 2021, gedung perpustakaan Sultra tak kunjung difungsikan. Belum ada aktifitas di gedung perpustakaan Sultra, Rabu (6/7).


--Jalan Wisata dan Perpustakaan Tuntas 100 Persen

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID--Masyarakat sudah menikmati dua dari tiga karya megah Ali Mazi-Lukman Abunawas (Aman). Jalan wisata Kendari-Toronipa dan perpustakaan modern diakses masyarakat. Satu mega proyek lainnya, Rumah Sakit (RS) Jantung masih tahap finishing. Progresnya diklaim sekira 99 persen.

"Untuk progres pengerjaan RS Jantung sudah 99 persen saat ini. Adapun satu persen itu, tinggal tahap finishing," ujar Kepala Dinas Cipta Karya Bina Kontruksi dan Tata Ruang Pemprov Sultra, Pahri Yamsul, kepada Kendari Pos, kemarin.

Tiga karya megah Aman itu disebut-sebut bakal diresmikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara bersamaan. Kendati belum ada jadwal, Pemprov Sultra sudah mulai menyiapkan agenda peresmian tiga proyek strategis Aman.

Mega proyek pembangunan jalan wisata Kendari-Toronipa sebagai akses pendukung pengembangan pariwisata Sultra tuntas dibangun. Masyarakat sudah menikmati dan mengaksesnya dalam rutinitas harian

"Untuk peresmian, kita menunggu sinkronisasi perkembangan saat ini antara jalan wisata Kendari-Toronipa, perpustakaan moder dan RS Jantung. Setelah itu baru bisa diresmikan. Yang jelas, perpustakaan sudah tidak ada masalah. Kalau RS jantung sudah 99 persen, tinggal finishing. Kita masih tunggu jalan wisata Kendari-Toronipa selesai," jelas Pahri Yamsul.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Provinsi Sultra, Yudi Masril meluruskan informasi terkait agenda peresmian tiga mega proyek menunggu tuntasnya pengerjaan jalan wisata Kendari-Toronipa.

"Justru yang belum selesai itu RS Jantung, karena masih finishing. Finishing itu agak lama. Yang jelas untuk jalan wisata, sudah tidak ada masalah, malah sudah difungsikan dan diakses masyarakat. Jalan wisata itu tinggal menunggu peresmiannya," ujar Yudi Masril.

Yudi mengungkapkan, proyek pembangunan jalan wisata Kendari-Toronipa sudah tuntas 100 persen sejak 30 November 2022, sesuai kontrak pekerjaan. "Kita sudah serah terima sementara pekerjaan atau Provisional Hand Over (PHO). Walaupun ini masih ada masa pemeliharaan selama enam bulan. Bahkan saat ini, jalan wisata Kendari-Toronipa sudah dimanfaatkan," jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sultra, Johanes Robert Maturbongs mengatakan agenda rencana peresmian ketiga mega proyek Aman, harus menunggu semuanya rampung. Menurutnya, tiga mega proyek itu bakal diresmikan Presiden Joko Widodo. "Hanya saja itu harus disesuaikan dengan kesiapan Pemprov Sultra dan agenda Presiden yang dikoordinasikan dengan protokol atau staf kepresidenan," ujarnya dalam sebuah kesempatan. (KN)

  • Bagikan