Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan, Pemkot Kendari Salurkan Bantuan Alat Tangkap

  • Bagikan
Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu (keempat dari kanan), didampingi Ketua DPRD Kendari, Subhan (kedua dari kanan), Sekot Kendari, Ridwansyah Taridala (paling kanan) dan Kepala Dinas Perikanan Kendari, Imran Ismail (ketiga dari kanan) menyerahkan mesin kapal kepada perwakilan nelayan di Pelataran Kantor Dinas Perikanan Kota Kendari, Rabu (16/11/2022). (FOTO : AGUS SETIAWAN / KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Sektor perikanan Kota Kendari cukup menjanjikan. Setiap hari ratusan ton ikan segar didaratkan. Melihat potensi itu, Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu tergerak untuk membantu. Kemarin, orang nomor satu di Kota Lulo itu menyalurkan bantuan alat tangkap nelayan. 

Asmawa menjelaskan, penyaluran bantuan alat tangkap nelayan merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap nelayan di Kota Kendari. Disisi lain, pemberian bantuan alat tangkap nelayan diharapkan bisa meningkatkan hasil tangkap nelayan. 

"Semoga penyerahan bantuan sarana dan prasarana perikanan ini akan bermanfaat bagi nelayan kita dan semakin meningkatkan kesejahteraan nelayan baik secara individu maupun kelompok nelayan," kata Asmawa, usai menyerahkan bantuan alat tangkap kepada  nelayan pesisir di Pelataran Kantor Dinas Perikanan Kota Kendari, Rabu (16/11/2022).

Kepala Biro Umum Kemendagri ini menambahkan, selain alat bantu nelayan, Pemkot Kendari juga menjadi fasilitator para nelayan untuk mengakses berbagai layanan pemerintah seperti berkaitan dengan modal, benih ikan, bioflok, sosialisai dan bimbingan teknis penyuluhan, bantuan premi asuransi, bantuan sarana dan prasarana, sertifikasi perikanan dan lain sebagainya yang berkolaborasi dengan lembaga atau stakholder terkait. 

"Prinsipnya adalah kebijakan ekonomi perikanan Kota Kendari harus tetap berpijak pada nilai kearifan lokal, bagaimana laut sebagai sumber alam yang harus dilestarikan dan dijaga," tambahnya. 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perikanan Kota Kendari Imran Ismail mengatakan, penyerahan bantuan alat tangkap nelayan bertujuan untuk mendorong mengoptimalkan produksi dan produktivitas di sektor perikanan. 

Ia memastikan, bantuan disalurkan tepat sasaran atau nelayan yang terdaftar di Dinas Perikanan Kota Kendari. Adapun sumber bantuan berasal dari APBD dan DAK Kota Kendari tahun anggaran 2022. "Kami harap bantuan alat tangkap nelayan ini dapat dipelihara dengan baik sehingga bisa digunakan jangka waktu yang lama," pungkasnya. 

Sekedar informasi, alat tangkap nelayan yang disalurkan Pemkot Kendari, kemarin yakni  sebanyak 14 unit mesin kapal <5GT, 50 unit jaring Gill Net, 650 paket bubu rajungan,1 unit Perahu/Kapal Penangkap Ikan, 5 unit perahu bermesin fiber 6,5 PK dan 5 unit perahu bermesin fiber 9 PK. 

Selanjutnya bantuan yang diserahkan berupa 2 unit perahu pancing tonda, 1 unit kapal/perahu bermesin fiber 3 GT, 12 unit mesin katinting 13 PK, 1 unit mesin tempel 15 PK, 4 set lampu bagang, 1 unit mesin 30 PK, 1 unit mesin dinamo, 30 unit mesin katinting 18 PK, 16 buah Cool Box 200 liter, 1 unit sero, 7 unit perahu fiber, dan 15 unit mesin katinting 9 PK. (ags) 

  • Bagikan