Kali Kadia Bakal Jadi Spot Wisata Baru

  • Bagikan
Kasi Pemanfaatan Air Tanah dan Air Baku Dinas PUPR Kota Kendari, Roni Sidampang memantau pengerjaan proyek penataan kali kadia, kemarin. (AGUS SETIAWAN/KENDARI POS)

Progres 70 Persen, Rampung 19 Desember

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Penataan Kali Kadia terus digenjot. Apalagi masa pengerjaan proyek sebesar Rp 11 miliar ini semakin kasip. Hingga kini, progresnya telah mencapai 70 persen. Ditargetkan, pengerjaannya rampung 19 Desember mendatang.

Kasi Pemanfaatan Air Tanah dan Air Baku Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Kendari Roni Sidampang mengatakan pengerjaan Kali Kadia masih on progres. Kontraktor terus memaksimalkan pengerjaan. Pasalnya, kontraknya akan berakhir Desember

"Kami pastikan rampung sesuai target. Karena pekerjaan saat ini tersisa pemasangan tehel (keramik), railing (pagar pengaman), dan beberapa meter saluran air (drainase). Semua itu cakupannya 30 persen. Jadi kalau selasai dikerjakan bulan ini otomatis bisa 100 persen pada Desember. Bahkan bisa lebih cepat (rampung) sekitar 10 Desember," ungkapnya kemarin.

Jika rampung, kawasan Kali Kadia bakal didedikasikan sebagai spot wisata baru. Pasalnya, sisi kali kadia sudah ditata semenarik mungkin lengkap dengan fasilitas jogging track, lampu hias dan railing dari besi stainlees anti karat. "Sangat cocok digunakan untuk berolahraga atau berwisata di akhir pekan," tuturnya.

Penataan kali kadia bukan hanya mempercantik view sungai lanjutnya, namun juga meningkatkan fungsinya sebagai pencegah banjir dan sedimentasi teluk. Hal tersebut didukung rencana pemasangan rang penahan sampah dan lumpur dari hulu.

"Sampah yang dibuang masyarakat dari hulu akan tersaring di Kali Kadia. Jadi sampahnya tidak langsung masuk ke Teluk Kendari. Begitupun sedimen (lumpur) akibat aktivitas masyarakat dihulu. Sehingga kali kadia berperan juga mencegah pencemaran dan pendangkalan teluk kendari," ungkap Roni. (b/ags)

Tahap I 2019
Anggaran Rp 2,4 Miliar
Pemasangan Box Culvert 207 meter Sisi Jalan Antero Hamra

Tahap II dan III 2021

  1. Anggaran Induk Rp 2,9 Miliar
    Pemasangan Keramik dan Railing Plus Box Culvert 50 meter
  2. Perubahan Rp 2,8 Miliar
    Penataan Sisi Jalan Antero Hamra 174 Meter

Tahap IV 2022 (70 Persen)
Anggaran Rp 11 Miliar
Penataan Sisi Jalan Koloneh H. Abdul Hamid Panjang 274 Meter
Penuntasan Sisi Jalan Antero Hamra 5 Meter
Pemasangan Rang Penangkap Sampah dan Lumpur

  • Bagikan