Dinkes Buton Kemas HKN dengan Meriah

  • Bagikan
Syafaruddin

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Tak lama lagi, seluruh insan kesehatan di negeri ini akan memperingati hari kesehatan nasional (HKN). Salah satu hari besar nasional itu diperingati setiap tanggal 12 November. Seluruh instansi kesehatan dari tingkat nasional hingga daerah akan merayakannya dengan cara masing-masing. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton juga dipastikan tak akan melewatkan HKN ke-58 tahun ini. Dua pekan sebelum hari gelaran, Pemkab melalui Dinas Kesehatan juga sudah melakukan berbagai persiapan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buton, Syafaruddin, mengatakan, sesuai hasil rapat bersama mengenai pelaksanaan kegiatan HKN ke-58 tingkat Kabupaten Buton, diputuskan akan dilaksanakan sejumlah agenda. Mulai dari layanan pemeriksaan kesehatan hingga lomba dengan melibatkan pihak Puskesmas dan Dinas Kesehatan. Tentunya untuk memupuk kekompakan dan silaturahmi selama pelayan publik.

"Tempat pelaksanaannya berlokasi di Puskesmas Wajah Jaya, Kecamatan Lasalimu Selatan," ujar Syafaruddin, Kamis (3/11). Pelaksanaan kegiatan pembukaan HKN dan sejumlah lomba akan berlangsung sejak Jumat 11 November 2022 mendatang. Puncaknya upacara dan ramah tamah pada Sabtu (12/11) pagi, juga digelar penyuluhan dan pemeriksaan deteksi penyakit tidak menular seperti pemeriksaan hipertensi, gula darah dan kolesterol. "Insya Allah meriah, karena lomba yang seru-seru, banyak," lanjutnya.

Menurut peraih penghargaan tokoh inovatif Sultra Award Kendari Pos tahun 2022 itu, pada peringatan HKG tahun ini ada dua hal membahagiakan yang diberikan pemerintah. Pertama penambahan fasilitas layanan kesehatan berupa mobil ambulans bagi Puskesmas Wajah Jaya. Kedua, terbitnya nomor registrasi Puskesmas Waoleona yang diresmikan pada Maret lalu. "Dua hal ini akan diserahkan pada hari puncak peringatan HKN 12 November nanti. Dalam ramah tamah nanti Insya Allah Pak Bupati bersama Sekab akan hadir," terang Syafaruddin.

Ia mengaku, tema Hari Kesehatan Nasional tahun ini adalah "Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku". Menurut Syafaruddin, tema itu menggambarkan semangat kembali sehat dan tumbuh untuk beraktivitas dan produktif setelah melewati gempuran pandemi Covid-19 dalam dua tahun terakhir. (c/lyn)

  • Bagikan