Maksimalkan Pengawasan, Rp 200 Juta untuk CCTV

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Tidak hanya membangun infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM) warganya, Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei, juga berupaya menjaga agar Bumi Mekongga tetap aman. Salah satu upaya yang dilakukan dengan memaksimalkan pengawasan melalui kamera pengawas atau closed circuit television (CCTV). Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kolaka, I Nyoman Suastika, mengungkapkan, saat ini CCTV di Kabupaten Kolaka telah terpasang pada 29 titik. Kata dia, lokasi pemasangan CCTV tersebut berada di daerah keramaian di tiga kecamatan yang meliputi Kolaka, Latambaga dan Pomalaa.

"Satu titik itu bisa lebih dari satu CCTV, seperti di traffic light. CCTV yang telah terpasang itu diakses langsung oleh Pemkab Kolaka dalam hal ini Diskominfo," ungkapnya, Rabu (2/11). Untuk memaksimalkan pengawasan, maka di tahun 2022 ini melalui APBD perubahan, pihaknya juga mengusulkan penambahan 10 unit CCTV dengan anggaran sekitar Rp 200 juta. "Tujuan pemasangan CCTV tersebut untuk menjaga keamanan dan ketertiban. Melalui CCTV kami juga bisa mengetahui situasi di masyarakat secara umum. Sehingga hal-hal yang tidak dinginkan bisa dipantau," jelasnya.

Meskipun penambahan CCTV hanya 10 unit, namun kata I Nyoman Suastika, tambahan unit yang terpasang nantinya bisa lebih dari jumlah tersebut. Sebab, selain Pemkab Kolaka, sejumlah pihak lain juga akan berkontribusi untuk menambah jumlah kamera pemantau yang akan dipasang. "Baru-baru ini kami menggelar rapat untuk menindaklanjuti Perbup nomor 71 tahun 2016 tentang pemasangan CCTV. Salah satu isinya, diwajibkan bagi kantor pemerintah baik vertikal atau Pemkab, tempat umum seperti pusat perbelanjaan, semua Perbankan dan tempat wisata serta SPBU. Nanti akan ditindaklanjuti oleh tim gabungan yang terdiri dari Diskominfo, Polri, dan TNI," bebernya. (c/fad)

  • Bagikan