Pimpin BPK Sultra, Dedek Nandemar Disambut Gubernur

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kini dinakhodai Dedek Nandemar. Ia menggantikan Andy Sonny yang sedang berurusan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Seremoni serah terima jabatan dipimpin langsung Gubernur Ali Mazi di Auditorium BPK Sultra, kemarin.

Pada kesempatan itu, Ali Mazi mengucapkan selamat kepada Dedek Nandemar atas jabatan barunya menahkodai BPK Sultra. “Selamat bertugas di Bumi Anoa. Semoga sukses mengemban amanah sesuai dengan tugas dan fungsinya, sebagaimana kesuksesan yang telah diraih oleh Kepala-Kepala BPK Perwakilan Sultra sebelumnya,” ungkap Ali Mazi dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Menurut Ali Mazi, BPK Sultra berkontribusi positif terhadap pengelolaan keuangan pemerintah daerah. Buktinya, secara umum kualitas pengelolaan keuangan daerah terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Peningkatan dimaksud, kata Ali Mazi, ditandai dengan raihan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas LKPD Pemerintah Provinsi, sebanyak 9 sembilan kali berturut-turut dari tahun 2013 hingga tahun 2021 atau empat kali berturut-turut di masa kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra Ali Mazi - Lukman Abunawas (AMAN).

Lanjut dia, raihan opini WTP atas LKPD beberapa tahun terakhir ini dapat terus dipertahankan dengan tetap mengedepankan peningkatan kualitas pertanggungjawaban pengelolaan keuangan daerah. Pihaknya akan berusaha maksimal untuk mengantisipasi hal-hal yang menjadi potensi masalah atas pelaksanaan anggaran, dan berkomitmen untuk selalu serius memperhatikan dan sesegera mungkin menindaklanjuti apa-apa yang menjadi catatan BPK tahun sebelumnya. “Tentunya ini menjadi tugas semua komponen terkait.

Untuk itu, diharapkan kepada Bupati, Wali Kota, Kepala OPD serta ASN Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sultra yang terlibat langsung dalam pengelolaan keuangan daerah, agar senantiasa meminta bimbingan dan petunjuk kepada BPK dan BPKP, demi kelancaran pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan, sekaligus terhindar dari berbagai penyimpangan dan atau pelanggaran dalam pengelolaan keuangan daerah,” kata Ali Mazi.

Politisi Nasdem ini berharap BPK terus memberikan pembinaan, agar peningkatkan kualitas pengelolaan keuangan pemerintah daerah pada setiap tahunnya dapat terus wujudkan dalam rangka menghadirkan kemajuan pembangunan daerah Sultra secara berkelanjutan, sekaligus kemajuan pembangunan nasional untuk kesejahteran rakyat Indonesia tercinta. (ags)

  • Bagikan