Booster I Lampaui Target, Kedua Capai 27 Persen

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Sebagai garda terdepan penanganan covid-19, tenaga kesehatan (nakes) harus benar-benar dilindungi. Atas dasar itu, tingkat kekebalan tubuh nakes terhadap virus asal Kota Wuhan, Tiongkok ini menjadi perhatian. Salah satunya melalui penyuntukan booster kedua (II) atau vaksin dosis IV. Di Kendari, sebanyak 1.139 nakes telah menerima booster II.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari Elffi menyebut pemberian vaksinasi booster II kepada nakes masih terus berjalan. Tidak hanya di pelataran kantor Dinkes, pihaknya kerap turun melakukan jemput bola.

"Untuk nakes itu tidak akan ada masalah. Tiap saat, kami turun ke lapangan untuk melakukan vaksinasi. Kami memaklumi teman-teman nakes tidak sempat datang di sini (kantor Dinkes kota Kendari). Pasalnya, mereka harus tetap melakukan pelayanan kepada masyarakat," ujar Elffi kemarin.

Nakes yang menjadi sasaran booster II lanjutnya, sebanyak 4.151 orang. Sejauh ini, progresnya telah mencapai 27,44 persen atau 1.139 nakes. Ia memastikan penyuntikan booster II bisa mencapai 100 persen. Apalagi pemberian vaksin dosis I,II dan III telah melampaui target (lengkap lihat grafis).

"Jadi, untuk penyuntikan vaksis dosis IV (booster II) tidak masalah. Sebab capaian vaksinasi 1 s.d 3 nakes kan telah lampaui target. Saya kira, target booster II ini bisa tercapai. Kita hanya butuh waktu saja," ujarnya.

Selain mengejar target vaksinasi booster II bagi nakes, pihaknya mendorong masyarakat untuk divaksin. Apalagi status pandemi covid belum dicabut WHO. "Kita mulai dulu dari nakesnya. Bagaimana masyarakat mau divaksin lengkap kalau dari pihak kesehatan saja belum melakukannya," ungkapnya. (b/win)

Vaksinasi Nakes
Sasaran 4.151 Nakes
Dosis I 5.824 Nakes atau 140,30 persen
Dosis II 5.399 Nakes atau 130,07 persen
Dosis III (Booster I) 4.168 Nakes atau 100,41 persen
Dosis IV (Booster II) 1.139 Nakes atau 27,44 Persen

  • Bagikan