Ratusan Kilometer Jalan Rusak di Sultra Berkurang

  • Bagikan
Burhanuddin, Kepala Dinas SDA dan Bina Marga Sultra


-Jalan Provinsi Berstatus Mantap Capai 82,79 Persen

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Kondisi jalan berstatus provinsi di Sulawesi Tenggara (Sultra) menunjukan tren positif. Tiap tahun, jalan yang masuk kategori rusak sedang hingga berap terus berkurang. Jika tahun lalu masih sekitar 300 kilometer (km), kini jalan provinsi yang rusak tersisa 183,78 km.

Kepala Dinas SDA dan Bina Marga Sultra Burhanuddin mengatakan perbaikan infrastruktur jalan menjadi prioritas pemerintah. Keseriusan pemerintah terlihat melalui kebijakan anggaran. Yang mana, miliaran rupiah dianggarkan pemerintah tiap tahun merehabilitasi jalan berstatus provinsi di Sultra.

"Panjang jalan provinsi 1.009,28 km. Itu itu terus kita dorong bagaimana bisa menjadi baik, atau kategori jalan mantap. Makanya, anggaran yang dialokasikan memperbaiki jalan cukup besar mencakup seluruh daerah di Sultra," ujarnya kemarin.

Saat ini kata Penjabat (Pj) Bupati Bombana ini, panjang jalan provinsi yang sudah kategori mantap dan kondisi aspal itu sudah mencapai 82,79 persen atau 825,49 kilometer. Selebihnya atau 183,78 kilometer masih rusak sedang dan berat.

"Yang kategori masih rusak sedang dan berat tinggal 18,21 persen. Jadi, inilah yang akan terus kita intervensi. Pastinya, kita akan tangani secara bertahap," jelas mantan Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sultra ini.

Pada dasarnya, Pemprov Sultra punya komitmen besar merehabilitasi jalan provinsi yang tersebar di wilayah Sultra. Namun dengan keterbatasan anggaran, pengerjaannya tidak bisa dilakukan secara serentak. "Kita berharap hingga akhir tahun 2023 nanti, jalan rusak itu bisa kita tuntaskan secara bertahap," ujarnya. (b/kam)

Jalan Provinsi 2022
-Panjang 1.009,85 Km
-Kondisi Mantap 825,49 Km (82,79 Persen)
-Rusak Sedang/Berat 183,78 Km (18,21 Persen)

2021, Rusak Sedang/Berat 300 Km
Pemprov Prioritas Perbaikan Jalan
Rehabilitas Jalan Dilakukan Bertahap
Tiap Tahun, Pemprov Alokasi Anggaran Miliaran

  • Bagikan