Beasiswa Sultra Cerdas Berlanjut

  • Bagikan
Muhammad Ilyas Habibu

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Sektor pendidikan tetap menjadi perhatian duet pasangan Ali Mazi-Lukman Abunawas (AMAN). Tiap tahunnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengalokasikan anggaran beasiswa bagi putra-putri daerah yang melanjutkan studi di perguruan tinggi. Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) tertuang dalam program Sultra Cerdas.

Asisten 1 Sekretariat Provinsi (Setprov) Sultra Muhammad Ilyas Habibu mengatakan beasiswa Sultra Cerdas diperuntukan kepada mahasiswa berprestasi dan kurang mampu. Tidak hanya jejang S1, namun juga magister dan doktoral.

"Beasiswa ini merupakan bentuk investasi Sultra ke depan. Dalam mempersiapkan generasi unggul dan berprestasi. Kami berharap Sultra Cerdas dapat merekrut lebih banyak putra-putri terbaik, untuk 10 tahun kedepan,"ujarnya saat diwawancara, Rabu (15/6).

Untuk menciptakan generasi unggul lanjutnya, pemerintah tiap tahun mengalokasi anggaran membantu putra-putri asal Sultra yang ingin menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Pemerintah ingin memberikan kesempatan bagi mereka yang berniat melanjutkan studi.

"Tujuan beasiswa ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada Putra-Putri kita yang berada di Sultra dan mempunyai kemampuan intelegensi namun terbatas dalam kemampuan pembiayaan perkuliahan. Olehnya itu pemerintah memberikan bantuan dalam hal ini melalui Sultra cerdas,"tuturnya.

Tahun 2021, pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 4 miliar. Pada tahun ini, beasiswa yang disiapkan sebesar Rp 3 miliar. Nominal beasiswa Sultra Cerdas yang diterima bervariasi atau sesuai dengan jenjang pendidikannya. Untuk jenjang S1 sekitar Rp 7,5 juta, S2 Rp 15 juta dan S3 Rp 30 juta.

"Bagi mahasiswa yang mendapatkan beasiswa tinggal menyampaikan proposal yang ditunjukkan kepada Gubernur. Nantinya, berkas yang masuk akan diverifikasi. Kalau disetujui, beasiswanya akan ditransfer. Makanya, dalam proposal harus dicatat nomor rekening calon penerima," jelasnya. (b/m1)

Beasiswa Sultra Cerdas
2021 Rp 4 Miliar
2022 Rp 3 Miliar

Nominal Beasiswa
-Jenjang S1 Rp 7,5 Juta
-Jenjang S2 Rp 15 Juta
-Jenjang S3 Rp 30 Juta

Pemohon Masukan Proposal
Berkas yang Masuk Bakal Diverifikasi
Jika Lolos Dananya Langsung Ditransfer

  • Bagikan