Unsultra Implementasikan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka

  • Bagikan
Prof. Dr. Ir.H.Andi Bahrun.,M.Sc.,Agric

Menciptakan SDM Kreatif dan Adaptif

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Di era disrupsi saat ini masyarakat dituntut untuk bisa fleksibel dan adaptif terhadap setiap perubahan. Seluruh insan diharapkan bisa kreatif dalam menghadapi perubahan. Merespons hal tersebut, Kemendikbud menghadirkan program merdeka belajar kampus merdeka. Program tersebut diharapkan bisa menciptakan sumber daya manusia (SDM) kreatif dan adaptif sehingga bisa menjawab berbagai tantangan global untuk kemajuan bangsa.

Sebagai salah satu penyelenggara pendidikan tinggi tanah air, Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) yang dinakhodai Prof. Dr. Ir.H.Andi Bahrun.,M.Sc.,Agric berkomitmen menyukseskan program merdeka belajar kampus merdeka. Program tersebut diyakini mampu melahirkan insan yang mandiri, tangguh, kreatif dan adaptif.

Menurut Rektor Unsultra, Prof. Andi Bahrun program merdeka belajar sangat baik dalam rangka menyiapkan generasi yang siap berkarir untuk memajukan bangsa. Ia menjelaskan, latar belakang dihadirkannya program merdeka belajar kampus merdeka berawal dari tingginya angka pengangguran alumni perguruan tinggi. Kondisi tersebut membuat pemerintah segera berbenah dengan menghadirkan terobosan program merdeka belajar kampus merdeka.

Prof. Andi Bahrun mengungkapkan, saat ini pihaknya telah menjalankan beberapa program merdeka belajar kampus merdeka seperti menggelar kampus mengajar, pemagangan, membangun desa (KKN Tematik), pertukaran mahasiswa merdeka belajar serta melaksanakan riset dan penelitian.

"Seluruh mahasiswa diberi kesempatan mengasah minat dan bakatnya dengan terjun langsung di dunia kerja sebagai persiapan berkarier di masa depan. Jadi nantinya orientasi alumni tidak hanya sebagai pencari kerja, namun dapat menjadi pencipta lapangan kerja berkat kreativitas dan inovasi yang diperoleh dari luar kampus lewat program merdeka belajar kampus merdeka," jelas Prof.Andi Bahrun, Jumat (27/5), kemarin.

Sebagai bentuk dukungan terhadap program merdeka balajar kampus merdeka, Prof.Andi Bahru membuka kesempatan yang sebesar-besarnya bagi seluruh mahasiswa untuk berpartisipasi dalam program tersebut yang sudah ada dalam setiap program studi di Unsultra. Bukan hanya mahasiswa, para dosen juga dituntut lebih inovatif dalam mendampingi dan membimbing mahasiswanya.

"Dosen dan mahasiswa kita dorong untuk menimba pengalaman sebanyak-banyaknya baik dari dalam kampus maupun dari mitra berkualitas dan terkemuka. In Syah Allah alumni Unsultra siap menghadapi dan menjawab berbagai tantangan bangsa ini," pungkas Prof.Andi Bahrun. (ags/b)

  • Bagikan