Penting!!! Ini Amalan Utama di Hari Jumat yang Bisa Merubah Hidupmu

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Hari Jumat dikenal sebagai Sayyidul Ayyam. Hari paling utama dan mulia. Rasulullah SAW menganjurkan umatnya banyak melakukan kebaikan di hari mulia ini. Beberapa amalan yang tidak boleh dilewatkan seorang muslim di Hari Jumat menurut para ulama, sebagai berikut.

Membaca Surat Al Kahfi

Ustadz Khalid Basalamah menjelaskan, hari Jumat dianjurkan membaca surah Al-Kahfi. Ini penting agar dilindungi dari fitnah Dajjal oleh Allah SWT. Serta diberi cahaya antara wajahnya dengan Kabah.

Diriwayatkan dari sahabat Abu Sa’id Al-Khudhri RA, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat.” (HR An-Nasa’i dan Baihaqi)

Memperbanyak Shalawat

Hari Jumat juga dianjurkan memperbanyak salawat kepada Nabi Muhammad SAW. Menurut ust Khalid Basalamah, Hari Jumat adalah hari terbaik sepanjang terbitnya matahari.

Diriwayatkan dari Aus Bin Aus, Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya di antara hari-harimu yang paling utama adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan. Pada hari itu beliau wafat. Pada hari itu juga ditiup (sangkakala), dan pada hari itu juga mereka pingsan. Maka perbanyaklah shalawat kepadaku. Karena shalawat kalian akan disampaikan kepadaku.”

Hadits lain dari Abu Umamah, Rasulullah SAW bersabda: “Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jumat. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.”

Perbanyak Sedekah

Ustadz Dr. Khalid Basalamah mengatakan, jika ingin mendapatkan keutamaan sedekah, maka paling afdhol dilakukan di hari Jumat. Paling baik lagi saat waktu subuh.

Ilustrasi

Banyak Berdoa

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda : “Sesungguhnya pada hari Jumat, terdapat suatu waktu yang jika pada waktu itu, seorang muslim tepat berdoa memohon kebaikan kepada Allah SWT, maka Allah SWT akan mengabulkannya, dan rentang waktu cukup singkat.” (HR Muslim).

Dalam hadits lain, Rasulullah SAW menjelaskan waktu mustajab tersebut. Dari Abu Burdah, Rasulullah SAW bersabda:

"Pada hari Jumat ada 12 jam. Di antaranya ada satu waktu, apabila ada seorang muslim memohon kepada Allah di waktu itu, niscaya akan Allah SWT berikan. Carilah waktu itu di pengujung hari setelah sholat Ashar.” (HR Abu Dawud dan An-Nasai)

Memperbanyak Amal Shaleh

Ustaz Khalid Basalamah menjelaskan, Hari Jumat dianjurkan seorang muslim memperbanyak semua jenis amal shaleh. Sebab, di hari mulia ini, banyak kebaikan di dalamnya.

Semangat Bekerja/Mencari Rezeki

Amalan lain tak kalah penting di Hari Jumat adalah bekerja lebih semangat dalam mencari rezeki. Sebab, bekerja untuk menafkahi keluarga termasuk ibadah yang utama. Sehingga, jika dilakukan di waktu yang mulia, maka nilai pahalanya juga berlipat ganda. (*/KP)

  • Bagikan