KH Ma’ruf Amin, Wakil Presiden Indonesia Pertama Berkunjung di Konawe Utara, Ruksamin: Apresiasi dan Kebanggaan

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Wakil Presiden (Wapres) RI KH Ma'ruf Amin berkunjung di Kabupaten Konawe Utara (Konut). Wapres Ma'ruf Amin menjadi Wapres pertama yang menjejak Konut yang berjuluk Bumi Oheo. Bupati Konut Ruksamin mengajak seluruh komponen masyarakat dan elemen lembaga menyambut tamu istimewa dengan humanis. "Apresiasi luar biasa, sekaligus kebanggaan buat kita," ujar Ruksamin.

Bupati Ruksamin menginstruksikan jajarannya untuk meyambut tamu istimewa Wapres KH. Ma'ruf Amin di Kecamatan Motui, hari ini. "Penyambutan Wapres RI dan rombongan, kita semua sudah harus siapkan semua yang dibutuhkan. Mulai objek yang akan dikunjungi dan dilewati, lingkungan wilayah pedesaan yang dilalui harus disterilkan. Jangan ada ternak yang berkeliaran. Keamanan dan kenyamanan juga harus ditingkatkan,"pinta Bupati Ruksamin dalam rapat koordinasi didampingi Wakil Bupati, Abuhaera, Sekda H.M. Kasim Pagala dan diikuti seluruh kepala OPD Pemkab Konut.

Bupati Konut, Ruksamin (kiri) bersama Wakil Presiden, Ma'ruf Amin. FOTO: Ist/Kendaripos

Dalam kesempatan itu, Bupati Ruksamin meminta seluruh stakeholder yang hadir menyambut Wapres RI, untuk mengikuti prosedur acara tersebut. "Semua tamu harus menerapkan protokol kesehatan penanganan Covid-19 dan sudah melalui tes PCR,"ungkap Bupati Konut dua periode itu.

Kehadiran Wapres RI, Ma'ruf Amin di Bumi Oheo dalam rangka peletakan batu pertama kawasan industri Motui di Kecamatan Motui. Bupati Ruksamin mengajak seluruh masyarakat bekerja sama stakeholder untuk mengawal peletakan batu pertama kawasan industri. "Apalagi perjuangan kawasan industri hadir di Konut merupakan cita-cita bersama yang bertujuan untuk meningkatkan ekonomi daerah dan masyarakat khususnya," tutup Bupati Ruksamin.

3.700 Personel Siaga Amankan Kunjungan Wapres

Dalam protokol kenegaraan, Wapres KH Maruf Amin adalah Very Very Important Person (VVIP). Sebagai simbol negara, Wapres mendapat pengamanan sangat ketat. Sekira 3.700 personel gabungan TNI, Polri, Basarnas, BNPB, Damkar, tenaga kesehatan, dan Satpol PP bersiaga mengamankan kunjungan Wapres di Kabupaten Konut, hari ini.

Ribuan personel itu disiagakan dalam apel pasukan pengamanan VVIP Wapres RI di pelataran eks MTQ, Rabu (18/5), kemarin. Panglima Kodam (Pangdam) XIV Hasanuddin, Mayor Jenderal TNI Andi Muhammad memimpin apel gelar pasukan, kemarin.

Menurut Pangdam, pengamanan kedatangan Wapres bukan hanya tanggungjawab TNI dan Polri, namun semua stakeholder masyarakat Sultra mesti bersinergi optimal. Sehingga rangkaian kegiatan Wapres Ma'ruf Amin berjalan lancar dan aman dari berbagai gangguan bentuk apapun.

"Semua harus terlibat dalam menjamin stabilitas keamanan kedatangan Wapres di Sultra. Khususnya rute perjalanan Wapres RI yakni dari Bandara Halu Oleo Konawe Selatan, Kota Kendari dan Konawe Utara," kata Pangdam Mayjen TNI Andi Muhammad.

Lanjut dia, proses pengamanan kedatangan Wapres Maruf Amin, dilaksanakan dengan perencanaan yang matang, cermat dan teliti. Muaranya agar saat pengamanan, berjalan dengan baik tanpa gangguan di lapangan. Termasuk mengendus berbagai kemungkinan yang terjadi saat pengamanan, seperti ancaman maupun hambatan akan direduksi maksimal.

"Pada prinsipnya, para personel TNI dan Polri yang bekerja dalam pengamanan, menjalankan tugas sesuai dengan standar operating procedure atau SOP yang telah ditetapkan," ujar Pangdam Mayjen TNI Andi Muhammad

Diketahui, Wapres RI K.H Maruf Amin dijadwalkan akan kunjungan kerja di Kabupaten Konut, hari ini. Apel gelar pasukan dan gladi pengamanan rute perjalanan dilaksanakan di beberapa titik di Kota Kendari. (min/ali/b)

  • Bagikan