Polres Baubau Awasi 10 Objek Wisata

  • Bagikan
Aparat kepolisian dari Polres Baubau yang bertugas melakukan pengamanan di kawasan wisata yang ramai dikunjungi masyarakat. Foto: Elyn Ipo/Kendari Pos

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Selain silaturahmi ke rumah keluarga dan kerabat, momentum libur lebaran acap kali diselingi dengan kunjungan ke berbagai tempat wisata. Makanya, setiap lokasi wisata unggulan selalu dipadati pengunjung. Demi menjaga keamanan dan ketertiban berwisata, Polres Baubau menurunkan puluhan personelnya khusus memantau situasi di seluruh objek wisata ramai pengunjung di wilayah hukumnya.

"Sebanyak 58 personel Polres Baubau dan unsur instansi terkait lainya siap melakukan pengamanan tempat-tempat obyek wisata selama libur lebaran di wilayah hukum Polres Baubau dari tanggal 2 sampai 9 Mei 2022," ungkap Kapolres Baubau, AKBP Erwin Pratomo, Selasa (3/5)

Kapolres menjelaskan, pengamanan itu juga masih dalam rangkaian Operasi Ketupat Anoa 2022. Sehingga satuan Kepolisian tak turun sendiri, tetapi tergabung juga aparat TNI, Dishub, Basarnas, BPBD, Sat Pol PP dan Dinas Kesehatan.
"Sejumlah personel ini akan di lbagi sesuai karakteristik kerawanan baik saat lebaran maupun sesudah lebaran," tambahnya.

Ada 10 titik yang dinilai Polres punya tingkat kerawanan, yakni Pantai Nirwana Kota Baubau, Batu Sori, Kelapa Gading, Bali Blessing, Little Bali, Banyu Biru, Hutan Pinus dan Benteng Keraton. Kemudian Pantai Mutiara dan Pantai Katembe di Buton Tengah.

Untuk Pos Pengamanan Pantai Nirwana yang tempat wisata laut, pihak Satuan Polairud Polres Baubau bersama Basarnas dan BPBD telah menyiagakan kapal Polairud dan Basarnas beserta peralatan lainnya untuk mengantisipasi penyelamatan jika terjadi kecelakaan laut.

Masih kata Erwin, pengamanan kawasan wisata itu bertujuan untuk memberikan rasa aman terhadap para pengunjung, agar tidak terjadi tindakan kejahatan dan kriminalitas lainnya. Di sana, Polisi jga diberi amanah untuk memberikan imbauan penerapan protokol kesehatan pada masyarakat yang berwisata guna menekan angka penyebaran covid 19 "Tetap waspada karena kejahatan bisa terjadi kepada siapapun " pungkasnya. (b/lyn)

  • Bagikan