“Kemenkeu Satu” Mudahkan Pelayanan di Wakatobi

  • Bagikan


KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID — Jika sebelumnya layanan fungsi-fungsi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) hanya bisa dilakukan di Kota Baubau atau di Kendari, kini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi mendapatkan kemudahan. Pihak Kantor Perwakilan (Kanwil) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Pemkab Wakatobi telah resmi meluncurkan layanan bersama “Kemenkeu Satu”, pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Filial Wakatobi di Kecamatan Wangi-Wangi.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Wakatobi, Nurbahtiar, menjelaskan, setelah ada momerandum of understanding (MoU) bersama, fungsi KPPN filial bertambah. Diantaranya, layanan perpajakan, bea cukai, ekspor dan impor, serta layanan kekayaan negara dan dan piutang. “Kalau sebelumnya hanya KPPN filial, sekarang bertambah fungsinya. Jadi, sekarang sudah ada MoU bersama dan semua fungsi-fungsi Kemenkeu sudah ada di KPPN. Tentu ini memberikan kemudahan untuk kita Pemkab Wakatobi. Karena selama ini ada beberapa pelayanan harus dilakukan di Baubau atau di Kendari,” ujarnya, Selasa (12/4).

Diharapkan, dengan adanya layanan Kemenkeu Satu tersebut dapat memberikan kemudahan bagi stakeholder maupun masyarakat yang ada di Wakatobi. “Dengan adanya pelayanan itu akan lebih efisien dari segi pembiayaan. Karena pelayanan tersebut telah dapat dilakukan di Wakatobi tanpa harus ke Kota Baubau ataupun ke Kendari,” ulangnya. Nurbahtiar berharap, sinergitas, koordinasi dan kolaborasi antara Pemkab Wakatobi dengan Pemerintah Pusat, khususnya Kemenkeu, terus ditingkatkan demi memudahkan pelayanan kepada masyarakat. “Setelah dilaunching, sudah ada persiapan di kantor ya. Kalau KPPN ada terus tapi kalau yang lainnya sementara mengatur. Intinya tahun ini sudah bisa operasional,” pungkas Nurbahtiar. (c/thy)

  • Bagikan