Lahan Tidur Disulap Jadi Produktif

  • Bagikan
Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusu (tengah) didampingi Kepala Distan Kota Kendari, Sahuriyanto (paling kanan) memperlihatkan jagung hasil panen perdana di Kecamatan Baruga.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Lahan tidur di Kota Kendari cukup luas. Berdasarkan hasil pendataan Penyuluh Pertanian di seluruh Kantor Kecamatan, tercatat sebanyak 70 hektar lahan yang menganggur.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup mengungkapkan pemanfaatan lahan tidur penting dalam rangka meningkatkan produksi hasil pertanian daerah.

“Masyarakat kami dorong untuk memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami komoditi jangan pendek dan nantinya bisa memenuhi kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Muhammad Yusup juga melaksanakan panen perdana jagung hasil demplot dengan salah satu perusahaan dan kelompok tani di Kelurahan Baruga. Panen perdana jagung merupakan bagian dari program menjaga ketahanan pangan daerah dan pengendalian inflasi

“Dua bulan lalu, kelompok tani binaan Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melaksanakan penanaman jagung ungu dan jagung manis. Saat ini kita panen untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” ungkap Muhammad Yusup.

Sekedar informasi panen jagung perdana yang dilaksanakan Pemkot Kendari merupakan bagian dari upaya menjaga ketahan pangan daerah. Panen jagung dilaksanakan bekerjasama dengan Kelompok Tani Lapas Idaman. Hasil panen langsung dipasarkan kepada masyarakat sekitar. (c/ags)

  • Bagikan